Translate - Language

id Indonesian zh-CN Chinese (Simplified) nl Dutch en English tl Filipino fr French de German it Italian ja Japanese ko Korean ms Malay th Thai
Published: Monday, 02 October 2017 Written by Dipi

 

Bulan September lalu kebetulan saya mendapatkan kesempatan yang langka untuk bisa membaca buku yang sama namun dengan edisi yang berbeda. Bukunya tidak lain adalah buku To All The Boys I've Loved Before karangan Jenny Han, yang edisi terjemahannya saya dapatkan dari Penerbit Spring dan edisi bahasa Inggrisnya saya dapatkan dari salah seorang teman. Selagi membaca kedua buku tersebut, saya menemukan beberapa hal yang menarik. Ternyata begitu ya perbedaan dan persamaan di antara buku yang asli dengan buku terjemahan. Makanya akhirnya saya memutuskan untuk membuat tulisan khusus yang membahas hal tersebut.

 

Yuk kita coba diskusikan satu per satu.

Disain Cover

 

Seperti yang bisa teman-teman lihat bahwa cover buku terjemahan ternyata sama dengan cover buku edisi bahasa Inggris. yang membedakan cuma di bagian tulisan penulis buku.  Pada buku terjemahan terdapat tambahan keterangan Book #1 yang menyebabkan saya tahu bahwa buku ini berseri, dan biasanya trilogi. Sebaliknya di buku aslinya tak ada keterangan tersebut, yang ada justru keterangan New York Times Bestseller.

Kelemahannya menurut saya sih, sebagai pembaca saya tidak tahu bahwa buku ini berseri, meski memang To All The Boys I've Loved Before bisa dibaca dan dinikmati terpisah tanpa perlu harus melanjutkan ke buku lanjutannya. Kelebihannya, saya langsung paham dan terpikat karena buku-buku dengan label New York Times Bestseller jarang yang jelek isinya. Menurut teman-teman bagaimana? Perlu tidak ya kalau cover cetakan berikutnya menyertakan dua keterangan ini sekaligus, jadi pembaca paham bahwa ini buku berseri dan buku bagus dengan predikat New York Times Bestseller?

 

Ilustrasi Buku

Edisi Terjemahan ada ilustrasi gambar surat

Edisi Bahasa Inggris tidak ada ilustrasi

 

Ada beberapa reviewer yang menyebutkan bahwa mereka menyukai ilustrasi buku versi terjemahan, Itu loh, ada gambar surat di tiap awal bab, cocok sekali dengan topik cerita, dan juga memberikan kesan manis semanis kisah cinta Lara Jean dan Peter Kavinsky. Buku versi bahasa Inggrisnya cenderung datar, tanpa ilustrasi, tanpa basa-basi. Buat yang suka dengan visual art atau hiasan-hiasan di buku, sepertinya buku versi bahasa Inggris bakal kalah menarik dari versi terjemahan ya. Penerbit Spring rupanya memiliki ide kreatif yang brilian. Dengan penambahan ilustrasi tersebut buku mereka jadi memiliki keunikan dan kelebihan dibanding versi aslinya.

 

Jenis dan Ukuran Huruf

Edisi Bahasa Inggris

Edisi Terjemahan

 

Tipe huruf antara dua buku ini juga berbeda. Tidak begitu berpengaruh sih buat saya, yang penting jalan ceritanya sama dan kualitas terjemahannya bagus. Ukuran huruf kurang lebih sama. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Sebagai tambahan, di buku terjemahan banyak terdapat catatan kaki, entah itu menerangkan jenis makanan, atau pakaian, dan lain-lain. Di buku edisi bahasa Inggris tidak ada catatan kaki. Ternyata ini tambahan dari Penerbit Spring supaya pembaca bisa lebih memahami isi cerita. 

 

Halaman Depan

Edisi Bahasa Inggris

 

Di buku versi bahasa Inggris ada halaman yang khusus menyebutkan judul-judul buku lainnya yang ditulis oleh Jenny Han. Keterangan ini tidak terdapat di buku versi terjemahan. Senang juga sih dapat informasi tentang ini, mengingat buku To All The Boys I've Loved Before adalah buku yang bagus, tentu sebagai pembaca jadi penasaran pada buku-buku lain yang dikarang oleh Jenny Han.

 

Halaman Belakang - Bonus

Edisi Bahasa Inggris

Edisi Bahasa Inggris

 

Nah, bagian ini yang paling membuat saya terkejut. So surprise! :D. Coba deh teman-teman perhatikan buku versi asli. Ternyata di bagian belakang halaman ada bonus tulisan. Ada potongan bagian dari buku lanjutan To All The Boys I've LOved Before. Buku keduanya ini berjudul PS. I Still Love You. Lalu, ada bonus resep. Buat yang menyimak kisah Lara Jean pasti tahu kalau di sepanjang jalan cerita selalu ada menyebutkan berbagai jenis makanan dan cemilan.

Lara Jean sendiri hobinya memasak dan membuat kukis. Jadi saat membaca beberapa resep kukis di bagian belakang buku, rasanya Lara Jean bukan lah sebuah tokoh dalam cerita, ia gadis yang nyata, juga tokoh-tokoh lain yang ada di dalam buku. Bagus ya idenya Jenny Han :D, saya yakin buat pembaca yang penggemar buku ini atau pembaca yang juga punya hobi masak, akan sangat senang dengan bonus resep ini. Tak heran jika ada yang sampai mencoba membuat kukis ala Lara Jean.

Edisi Bahasa Inggris ada halaman bonus berupa resep

Edisi Bahasa Inggris

 

Lalu ada juga keterangan singkat tentang penulis di buku versi asli. Buku versi terjemahan tidak ada informasi tersebut, yang ada justru informasi seputar Penerbit Spring.

Edisi Bahasa Inggris 

Tapi teman-teman, edisi terjemahan juga ternyata ada bonusnya meski bukan berupa resep dan cuplikan seri berikutnya. Bonus edisi terjemahan adalah pembatas buku yang cantik. Pembaca perempuan kemungkinan akan suka dengan disain pembatas buku ini, entahlah kalau laki-laki, mengingat desainnya yang begitu manis menggoda. 

 

Harga

Berbicara tentang harga, ternyata buku terjemahan harganya lebih ekonomis dibandingkan buku versi aslinya. Seperti yang kita ketahui beberapa buku terjemahan mematok harga di atas harga buku versi asli, mungkin disebabkan karena biaya produksi dan proses lainnya yang lebih mahal daripada terbitan penulis lokal. Saya sempat terkejut juga saat tahu versi terjemahan buku ini hanya dibandrol Rp. 79.000 , mungkin karena buku Jenny Han telah terbukti sebagai buku dengan penjualan yang luar biasa. Jadi kalau Penerbit mau memasang harga yang lebih ekonomis sepertinya akan tetap mendapatkan profit dari hasil penjualan banyak. Entahlah, ini hanya asumsi saya.

 

Informasi Buku

Buku versi Terjemahan

Judul : To All The Boys I've Loved Before

Penulis : Jenny Han

Penerbit : Penerbit Spring

Tahun Terbit : April 2015

Cetakan : Ketiga Juni 2017

Jumlah Halaman : 380 hlm

Dimensi Buku : 20 cm

ISBN : 978-602-6682-00-0

Penerjemah : Airin Kusumawardani

Ilustrasi Isi & Penata Sampul : @teguhra

Penyunting : Selsa Chyntia

Penyelaras Aksara : Yuli Yono

Rp. 79.000

 

Buku Versi Bahasa Inggris

Title : To All The Boys I've Loved Before

Author : Jenny Han

Publisher: Simon & Schuster Books for Young Readers       

Paperback: 384 Pages

Paperback edition January 2016

Product Dimension (L x W x H): 20.83 x 13.97 x 2.54 CM

Shipping Weight: 0.32 Kg

ISBN : 9781442426719

Price : Rp. 162.000

 

Kesimpulan dan Rekomendasi

Menurut saya dua buku ini merupakan buku-buku yang bagus dengan berbagai kelebihannya masing-masing. Jangan khawatir teman-teman tidak bisa menikmati jalan cerita karena kualitas terjemahan dari Penerbit Spring juga bagus. Nah, berdasarkan apa yang sudah saya ceritakan di atas, maka saya ingin merekomendasikan dua versi buku ini berdasarkan kelebihannya masing-masing.

Buat yang suka :

  • membaca buku berbahasa Indonesia
  • ilustrasi buku yang menarik
  • membaca buku dengan kualitas terjemahan yang baik
  • buku yang penting isinya, tidak apa-apa jika tidak ada halaman bonusnya
  • yang harganya tidak terlalu mahal
  • ada bonus berupa pembatas buku

kalian bisa coba baca buku To All The Boys I've Loved Before yang diterbitkan terjemahannya oleh Penerbit Spring.

 

Buat yang suka :

  • membaca buku asli (berbahasa Inggris)
  • ada bonus halaman berupa resep dan cuplikan buku lanjutan
  • harga lebih mahal sedikit tapi yang penting original (buat kado misalnya)

kalian bisa pilih To All The Boys I've Loved Before versi bahasa Inggris.

 

Semoga tulisan ini bermanfaat ya untuk referensi teman-teman. Kalau ada yang mau menambahkan, bisa tulis di kolom komentar di bawah ini. Buku To All The Boys I've Loved Before versi bahasa Inggris bisa kalian beli di toko buku impor Periplus Setiabudhi Bandung Bookstore, atau mengontak instagram mereka di akun @Periplus-setiabudhi

Untuk review isi buku, teman-teman bisa baca di "Review Buku To All The Boys I've Loved Before - Jenny Han" di blog ini.

 

0
0
0
s2sdefault

Add comment


Security code
Refresh

Sponsored Post, Job Review, Special Request, Postingan Lomba

Kenangan Dongeng Tempo Dulu - Indonesia …

18-11-2017 Hits:92 Features Dipi - avatar Dipi

  Halo teman-teman, apa kabar semuanya? Semoga pada sehat wal afiat ya. Yang mau kerja besok, hari ini bersantai dulu lah sejenak, mengumpulkan energi buat seminggu, biar semangatnya membara dan mudah-mudahan...

Read more

Review Buku The Sun and Her Flowers - Ru…

15-11-2017 Hits:125 Features Dipi - avatar Dipi

  Judul : The Sun and Her Flowers Penulis : Rupi Kaur Jenis Buku : Puisi Penerbit : Andrews McMeel Publishing   Tahun Terbit : 2017 Jumlah Halaman : 256 halaman Dimensi Buku : 19.56 x 12.45 x 2.03 CM Harga : Rp...

Read more

Review Buku The Four Tendencies - Gretch…

02-11-2017 Hits:231 Features Dipi - avatar Dipi

  Judul : The Four Tendencies The Indispensable Personality Profiles That Reveal How to Make Your Life Better (and Other People's Better, too) Penulis : Gretchen Rubin Jenis Buku : Non Fiksi - Humaniora Penerbit...

Read more

Review Buku

Review Buku Satu Pembohong (One of Us is…

10-11-2017 Hits:275 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Satu Pembohong Judul Asli : One of Us is Lying Penulis : Karen McManus Jenis Buku : Novel Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : 2017 Jumlah Halaman : 408 halaman Dimensi Buku : 20 cm Harga :...

Read more

Review Buku Rahasia Sang Suami (The Husb…

13-10-2017 Hits:395 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Rahasia Sang Suami Judul Asli : The Husband's Secret Penulis : Liane Moriarty Jenis Buku : Fiksi - Novel Terjemahan Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : 2016 Jumlah Halaman : 496 halaman Dimensi...

Read more

Review Buku Sihir Perempuan - Intan Para…

05-10-2017 Hits:472 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Sihir Perempuan Penulis : Intan Paramaditha Jenis Buku : Kumpulan Cerpen Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : April 2017 (Pernah diterbitkan oleh Kata Kita pada 2005) Jumlah Halaman : 366 halaman Harga...

Read more

Cerita Dipidiff

J.CO Jatinangor Town Square : Duduk Menu…

11-10-2017 Hits:371 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Book blogger juga manusia, yang terkadang tidak ada ide menulis, hilang fokus, pikiran lelah, serta kurang nafsu makan (padahal tadi sarapan sebakul 😅). Teman-teman pernah merasakan keadaan yang seperti itu...

Read more

Giggle Box Jatinangor - Alternatif Tempa…

11-10-2017 Hits:395 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Dulu sekali, tahun lalu tepatnya, saya pernah menulis tentang J.Co di Jatos. Waktu itu saya sedang hamil moonlight dan saat berkunjung ke sana saya cukup antusias untuk datang kembali mengingat...

Read more

Sudut Buku di Transmart Carrefour Cipadu…

08-10-2017 Hits:455 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Mungkin tidak semua orang seperti saya, yang setiap berkunjung ke mall atau supermarket pasti langsung mencari book corner. Tentu saya paling bahagia kalau di sana ada toko bukunya. Tapi jika...

Read more