Translate - Language

id Indonesian zh-CN Chinese (Simplified) nl Dutch en English tl Filipino fr French de German it Italian ja Japanese ko Korean ms Malay th Thai

Lodaya Range Archery

Published: Thursday, 13 July 2017 Written by Dipi

TEMPAT LATIHAN PANAHAN YANG NYAMAN BERSAMA PARA PELATIH YANG MURAH SENYUMAN

 

Setiap orang tentu punya olahraga pilihannya ya. Ada yang suka senam aerobik, zumba, tenis meja, golf, renang, dan masih banyak lagi. Tapi kalau saya sih kebetulan sukanya cuma yoga, panahan, dan berkuda. Please jangan tanya tentang berenang, saya dua kali tenggelam 😁, jadi cukup sudah renang-renangannya, nanti saja kalau Moonlight sudah cukup besar, tak bawa ke kolam renang bayi, saya bisa ikut renang di situ dengan alasan nemenin anak 😂. Di kolam renang bayi tak mungkin tenggelam kan ya 😢😅.

 

Sebagai salah satu olahraga yang saya suka, panahan bagi saya adalah suatu kegiatan yang baper pisan, hayu weh panahan, dan selalu diupayakan untuk dilakukan, meski kadang waktunya sebenarnya ga ada, gear pernah ga punya, dan saya penderita radang sendi di bagian leher dan lengan (kanan dan kiri), yang herannya begitu dibawa panahan si sakit-sakit malah hilang. Demikian katanya kekuatan psikis bisa mengalahkan lemahnya kondisi tubuh.

 

Maka, demi kesehatan jiwa dan raga itu lah, pada suatu hari di bulan Juli, meluncurlah saya menuju salah satu area latihan panahan yang umum dikenal dengan nama Range Lodaya beralamatkan GOR Sepak Takraw Jalan Lodaya No. 22 Bandung. Tempat yang strategis sebetulnya untuk warga Kota Bandung, namun jadi terasa "kurang manis" bagi warga Kabupaten Bandung seperti saya. Jauhnya bikin lelah, sampe lokasi bisa narik busur dua rambahan aja udah syukur. Baiknya begitu sampai mampir ke kantin dulu untuk cemal cemil dan banyak jajan, setelah kenyang lalu pulang #eh. Trus kenapa tetap kesana? Sebab mendung tak selalu hujan kah? Oh bukan, saya kesana karena ada janji bicarakan proposal dengan salah satu coach senior di Range Lodaya.

 

"Jadi bertemu di Range Lodaya soal proposal Wa? 

"Iya dong"

"Bawa gear jangan"

"Ya bawalah, biar sekalian latihan" (*ngapain jauh-jauh ke range lalu ga latihan)

"Baiklah"

Readers 😊, meet Mister Abong alias Pak Bonny alias Wa Abong. Beliau adalah coach penunggu Range Lodaya. Teman-teman yang datang ke lokasi dengan wajah bimbang, hati galau, pikiran resah, saran saya temui beliau untuk mendapatkan pencerahan dan kegembiraan dalam archery. Waktu saya di sana pun bolak-balik Wa Abong ini menerima tamu baik yang datang sendiri maupun yang berkelompok satu keluarga. Semua ingin tau tentang archery di Lodaya, semua ingin dekat dengan Raisa. Poin yang terakhir abaikan ya. Lupakan Raisa.

 

Picture : Tampak Wa Abong lagi sibuk melayani pertanyaan calon member BACS yang datang

 

Tentang Range Lodaya

Tentu saja disamping Wa Abong ada coach-coach lainnya juga yang ga kalah mumpuni. Sekilas usia mereka ada yang muda-muda. Tak usah khawatir, mereka sudah pada lulus training coach kok. Tugas mereka mendampingi para archers yang sedang latihan memanah di Range Lodaya. Tak cuma archers yang dewasa, para pemanah mungil dengan ukuran badan belum juga lebih dari satu meter pun mendapatkan porsi perhatian dan bimbingan yang sama. Dan hari ini, range cukup ramai dipenuhi oleh pemanah usia anak-anak, remaja, dewasa, senior, baik laki-laki maupun perempuan. Di sisi-sisi area panahan terlihat para orangtua atau wali mereka, duduk menunggu dan menonton anak-anaknya latihan sambil bisa pesan es jeruk atau beragam jus dari kantin.

 

Picture : Bisa ikut nunggu, nonton, dan istirahat di sisi area panahan

 

Mushola, Kantin, Toilet, dan Area Parkir

Nah, ini dia poin penting lainnya dari sebuah lokasi. Ada kantin ga? Mushola gimana? Toiletnya bersih ngga? Tiga pertanyaan mendasar yang kerap ditanyakan ya itu tadi. Saya bantu jawab ya. Kantin ada, bisa pesan beberapa menu di sana, mulai dari nasi goreng, nasi ayam, sampai minuman seperti jus dan air mineral tentunya. Harga lebih mahal sedikit dibanding beli di penjual non lokasi. Contohnya es jeruk Rp.10.000, tapi rasanya enak, manis segar. Mushola cukup lah, luas kurang lebih 3x3m sepertinya, dikarpet bersih, ada sajadah dan mukena. Toilet tersedia untuk ladies dan gentleman. Maaf ga bisa kasih review toilet laki-laki, terlalu mencurigakan bila saya masuk ke sana. Untuk toilet perempuan kondisi bersih, namun toilet bisa dibilang harus diperbaiki. Ga ada kaca di toilet, bu ibu dan mba-mba bawa kaca kosmetik ya kalau mau rapih-rapihkan pakaian atau kerudungnya.

 

Picture : Kantin

 

Fasilitas tempat parkir lumayan muat untuk 10 mobil plus motor. Tapi kalau lagi ramai, area parkir jadi padat juga sih sehingga kadang sulit untuk keluar. Kadang harus wowo-woro supaya Bapak X mundurkan mobil dulu agar kendaraan kita (terutama mobil) bisa keluar dari area parkir. 

 

Picture : GOR Sepak Takraw tampak depan dan area parkirnya

 

Detail Range Lodaya dan Biaya-Biaya

Kembali ke area archery 😊, Range Lodaya nyatanya memang indoor. Panjangnya 21 meter dan lebar 15 meter sehingga bisa mendukung panahan berjarak 20 m, 10 m, dan 5 m. Tersedia cukup face target dengan bantalannya yang kokoh di tiap jarak panah tersebut. Range Lodaya buka setiap hari Senin - Rabu dari pukul 11 siang sampai 3 sore, dan Kamis dari pukul 2 siang sampai pukul 6 sore. Range Lodaya ini adalah salah satu Range milik Bandung Archery Club & School (BACS). Kita bisa memanah di sini dengan membayar iuran anggota Rp.100rb/tahun dan Rp.150rb/bulan (free latihan 10x/bulan di range BACS area manapun) untuk member BACS atau membayar Rp.60rb/2 jam untuk non member. Tak perlu khawatir jika tak memiliki perlengkapan panahan. Tinggal sewa dan bayar Rp. 15rb kok. Busur-busur yang dapat disewa merupakan standard bow bermerk, antara lain cartel dan optimo. Dengan menyewa gear kita sudah mendapatkan satu bow, 3 arrow, 1 arm guard, dan 1 fingertab. Itu sudah mencukupi untuk panahan. 

 

Picture : Suasana panahan

 

Harus diakui bahwa area panahan di Bandung cukup banyak. Bahkan sebenarnya ga harus ke range juga, di rumah pun saya bisa panahan, yakni memanah menyerong, target diikat di kursi teras, kepanasan, dan tiap sekian menit tetangga komen "Wah, si teteh jago euy, #padahal jelas arrow saya lagi ngaco terbangnya, belum lagi ada lima atau enam anak-anak kecil yang kelewat antusias menyaksikan adegan menegangkan ini sambil ceriwish nanya-nanya "Tante, ini apa namanya?" Lalu sentuh-sentuh kuiver saya hingga konsentrasi pun buyar karena mereka berdiri terlalu dekat... duh bahaya pisan!!.. Apapun itu poinnya ya itu tadi, saya pribadi tetap suka panahan di Range Lodaya meski banyak alternatif area panahan lainnya.

 

Kalau ditanya alasannya maka jawaban saya sederhana sih. Dengan latihan di Range Lodaya saya bisa sekaligus bersilaturahim dengan sesama pemanah, berguru pada archer senior, dan ber-hepi-archery ria dibimbing coach yang ramah dan murah senyum. Selintas ramah dan murah senyum seperti hal yang sepele ya. Padahal Kotler bilang service excellence is an important value which every company should has. Sepertinya murah senyum dan ramah adalah bagian dari layanan yang dimiliki oleh BACS Range Lodaya. Selain itu, sebenarnya tempat ini jadi terasa tak begitu jauh dari rumah saya yang berada di daerah Cileunyi, dengan catatan saya harus tempuh jalur tol Cileunyi lalu keluar di tol Moh Toha. Bahkan dengan kendaraan umum total ongkosnya ga lebih dari Rp.30rb. Bagaimana kalau naik taxi atau taxi online? Yah waktu itu pernah juga pake taxi online dari Lodaya ke Cileunyi lewat tol dan waktu itu kena charge sekitar Rp.80rb-an.

 

How to Get There

Untuk mencapai lokasi Range Lodaya BACS di GOR Sepak Takraw Jalan Lodaya No 22 Bandung, teman-teman bisa gunakan taxi dan ojek online yang banyak tersedia di kota Bandung. Bisa juga naik angkot atau bis tapi jadi muter-muter dulu ngikutin trayek angkutannya. Bisa juga pakai kendaraan pribadi tentunya. Ongkos di Bandung bervariasi tergantung jenis transportasi dan jarak. Menurut saya sih ojeg online termasuk transportasi yang paling murah dan cepat dibanding yang lainnya mengingat Bandung saat ini cukup banyak titik macetnya. Tapi pastikan cuaca lagi cerah ya, sebab kalau hujan naik ojeg pasti kurang nyaman. Untuk ancer-ancer lokasi, GOR Sepak Takraw ini berdekatan dengan Pusat Jualan Buku Palasari, kawasan jual buku yang populer di Kota Bandung.

 

Picture : Peta Range Lodaya di GOR Sepak Takraw

 

 

Teman-teman tertarik untuk panahan? Lokasi di kota Bandung bukan? Cari tempat yang nyaman dan pelatihnya ramah-ramah ga? Saya rekomendasikan Range Lodaya ya 😊. Coba datang dan mainkan panahmu di sana 😊. Carilah Wa Abong, jangan Raisa #eh. Sampai jumpaaaa ya di sana.

 

 

0
0
0
s2sdefault

Comments   

0 #13 Armita Fibriyanti 2017-08-06 21:27
Mayan jauh juga ya kalau dari rumah kita di sini. Sekalian bisa belanja buku ke Palasari ini mah..
Wkkwkw. Tulisannya keren, lucu, kadang pengen ketawa pas ada ngebayangin Tante Diana tenggelam di kolam bayi, terus banyak anak2 riweuh ngeliatin Tante Diana latihan panahan di rumah, termasuk Azril Akmal yang amaze gitu. Haha.
Sehat selalu Tante Diana dengan panahannya :)

REPLY
Bener bgt, bisa nyimpang ke Palasari. Dohh... Kau tau lah sendiri aku klo lgi panahan depan rumah. Kejemur garing macam kecimpring.. hahaha. Yg penting have fuuuun :D. Aamiin mkasih doanya ya. You tooo.. lope lope
Quote
0 #12 Mei Wulandari 2017-07-23 04:46
Insyaallah kalau ada kesempatan main ke Bandung kak

REPLY
Siap. Aamiin. Kbari yaa. ?
Quote
0 #11 Wa Abong 2017-07-17 03:14
Serasa gmn ya..antara wa Abong dgn Raisa..
Btw tulisan nya renyah..kyk kue aja renyah
Jadi pengen baca smp selesai ..mungkin
Nyari ada berapa kali nama sy disebut..
Qiqiqiqiii

REPLY
halo wa ... Makasih udah baca dan komen. Syukur alhamdulillah klo suka tulisannya. Iya ini renyah kyk kue, tpi ponsel pintarnya jgn dimakan ya wa, alot ... Hahaha. Abaikan Raisa wa. Justru yg penting nama Pak Bonny nya ?
Quote
0 #10 Ahmad Santoso 2017-07-16 02:13
Hobiku apa ya? hehe

Kalau memanah hati wanita bisa gak mbk? haha

Itu lokasinya di dalam ruangan ya, aku kalau lihat di tipi-tipi lokasinya di luar ruangan gitu, memanah emang butuh skill dan konsentrasi tinggi ya, dan terbukti menghilangkan rasa sakit.

REPLY
Nah apakah hobimu mas? Klo menanah hati wanita itu bukan hobi, itu naluri.. hahaha. Iya itu di dalam ruangan, yg outdoor jg ada kok. Kapan2 sy bikin tulisannya ya. Sudah pernah panahan blm? Cobain yuk ??
Quote
0 #9 Mei Wulandari 2017-07-15 08:20
Kalau dengar kata Lodaya aku langsung ingat kereta api kak wkwkwkw.
Setelah itu ingat Bandung, tapi nggak paham sih tentang panahannya. Taunya cuma tempat2 wisata gt. Jadi ini alternatif nih kalau mau latihan panahan disana sama pelatih yg ramah2, eh hahaha

REPLY
oke meii... Ditunggu ya panahan di Bandung. Ayolah... Cobain. Biar ketagihan.. hahaha
Quote
0 #8 jefferson 2017-07-15 06:40
widih, elit amat yak olahraganya panahan. Seumur2 belum pernah saya nyoba panahan. Kayaknya sih seru, berhubung harga di tempat itu gak mahal2 amat. Boleh lah ini sekali-kali belajar memanah agar dapat memanah hatinya :)

REPLY
Ah bukan olahraga elit kok jef ?.. sekarang di bandung sdh bnyak yg panahan. Yuk merapaattt ke siniii jef.
Quote
0 #7 Farida Pane 2017-07-15 05:04
wah, asyik ya dah nemu tempat menyalurkan hobi yang pas :)

REPLY
Iya. Senang sekali di panahan. Yuk coba juga mba Farida ??
Quote
0 #6 Khairulleon 2017-07-15 01:59
Hobinya mantep dah. Gahar wkwk.
Sayangnya teh DIpi ga suka berenang sih padahal renang Hoby andalanku.

Sekarang teman-temanku juga banyak yang main archery, katanya sesuai sunnah Rasulullah.
Aku juga mau tapi sejauh ini aku ga melihat perkembangan teman-temanku.
main panahan cuma main aja gitu, tarik lepas tanpa pake dasar ilmu.

aih pas tahu ada Lodaya aku jadi kepengen milu tapi jauh amat dah ah di Bandung.

REPLY
Berenang sih bisanya saya ya tenggelam rul.. hahaha. Salut sama yg bisa berenang, sebab daku tak cakap.. ?. Panahan hrs belajar teknik biar bagus, saya jg masih belajar. Kapan2 klo Arul ke bandung kabari, biar main ke Lodaya ya ??
Quote
0 #5 Zakia Maharani 2017-07-15 01:52
Aku komen agak susah yaaa. Hmmm

Btw itu coach abong terus yg diceritain, next time ceritain coach yg lain dong. Ehehehe
Sbg org yg males banget olahraga, saya jadi malu baca post ini. Saya mah biasanya cuma olahraga lari, aerobik atau bersepeda aja. Wkwkwkwk, belum ada eh apa saya yg belum tau kalo ada tempat latihan panahan di daerah saya. Huhuhu

REPLY
Zakia dimana domisilinya? Bisa tak bantu lacakin dimana ada tempat panahannya insyaAllah. Tinggal tanya ke senior di club dan di teman2.
Nanti insyaAllah saya tulis ttg coach yg lain ya ?
Quote
0 #4 Igna 2017-07-14 12:50
harus diakui menurutku olahraga panahan tuh olahraga yang butuh nyali, karena kalo salah salah manah bisa bikin bahaya.. dan jujur aku nggak punya nyali buat nyobain olahraga satu ini..

jadi salutlah buat dipi yang suka main panahan..

REPLY
Makasih Igna. Tapi salutnya simpan dulu berhubung skor panahan saya masih jeblog.. hahaha. Betul, main panahan harus hati2... makanya ada areanya atau ada coach yg ngebimbing kita.
Quote

Add comment


Security code
Refresh

Sponsored Post, Job Review, Special Request, Postingan Lomba

Review Buku The Language of Thorns -Midn…

30-11-2017 Hits:160 Features Dipi - avatar Dipi

Judul : The Language of Thorns Midnight Tales and Dangerous Magic Penulis : Leigh Bardugo Ilustrator : Sara Kipin Jenis Buku : Non Fiksi - Dongeng Penerbit : Imprint        Tahun Terbit : 2017 Jumlah Halaman : ...

Read more

Review Buku Unfuck Yourself - Gary John …

29-11-2017 Hits:313 Features Dipi - avatar Dipi

  Judul : Unfuck Yourself Get Out of Your Head and Into Your Life Penulis : Gary John Bishop Jenis Buku : Non Fiksi - Pengembangan Diri Penerbit : HarperOne Tahun Terbit : 2017 Jumlah Halaman :  224 halaman Dimensi...

Read more

Review Buku The Girl Who Takes an Eye fo…

23-11-2017 Hits:314 Features Dipi - avatar Dipi

  Judul : The Girl Who Takes an Eye for an Eye Penulis : David Lagercrantz Jenis Buku : Novel Penerbit : Quercus Publishing Tahun Terbit : 2017 Jumlah Halaman :  368 halaman Dimensi Buku : 15.50 x 23.50 x...

Read more

Review Buku

Review Buku Alang - Desi Puspitasari

07-12-2017 Hits:56 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Alang Penulis : Desi Puspitasari Jenis Buku : Novel Penerbit : Republika Tahun Terbit : Juli 2016 Jumlah Halaman : 289 halaman Dimensi Buku : 135 mm x 205 mm Harga : Rp. 55.000   Sekelumit Tentang Isi Alang sangat mencintai dunia...

Read more

Review Buku Sirkus Pohon - Andrea Hirata

07-12-2017 Hits:50 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Sirkus Pohon Penulis : Andrea Hirata Jenis Buku : Novel Penerbit : Bentang Tahun Terbit : Cetakan Pertama Agustus 2017 Jumlah Halaman :  410 halaman Dimensi Buku : 20,5 cm Harga : Rp. 87.000    Winner General Fiction New York...

Read more

Review Buku Satu Pembohong (One of Us is…

10-11-2017 Hits:584 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Satu Pembohong Judul Asli : One of Us is Lying Penulis : Karen McManus Jenis Buku : Novel Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : 2017 Jumlah Halaman : 408 halaman Dimensi Buku : 20 cm Harga :...

Read more

Cerita Dipidiff

J.CO Jatinangor Town Square : Duduk Menu…

11-10-2017 Hits:613 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Book blogger juga manusia, yang terkadang tidak ada ide menulis, hilang fokus, pikiran lelah, serta kurang nafsu makan (padahal tadi sarapan sebakul 😅). Teman-teman pernah merasakan keadaan yang seperti itu...

Read more

Giggle Box Jatinangor - Alternatif Tempa…

11-10-2017 Hits:615 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Dulu sekali, tahun lalu tepatnya, saya pernah menulis tentang J.Co di Jatos. Waktu itu saya sedang hamil moonlight dan saat berkunjung ke sana saya cukup antusias untuk datang kembali mengingat...

Read more

Sudut Buku di Transmart Carrefour Cipadu…

08-10-2017 Hits:703 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Mungkin tidak semua orang seperti saya, yang setiap berkunjung ke mall atau supermarket pasti langsung mencari book corner. Tentu saya paling bahagia kalau di sana ada toko bukunya. Tapi jika...

Read more