Translate - Language

id Indonesian zh-CN Chinese (Simplified) nl Dutch en English tl Filipino fr French de German it Italian ja Japanese ko Korean ms Malay th Thai

Ini Dia 6 Langkah Mewujudkan Impian

Published: Saturday, 22 July 2017 Written by Dipi

 

“There is only one thing that makes a dream impossible to achieve: the fear of failure.” 

- Paulo Coelho, The Alchemist
 

Teman-teman, rasanya kita semua punya mimpi dan cita-cita ya. Mimpi ingin jadi pengusaha yang sukses, ingin buka restoran ternama, cita-cita jadi dokter, berkarir di dunia jurnalistik, dan masih banyak lagi. Ini kadang sudah kita miliki sejak kita masih kecil, katakanlah usia sekolah dasar. Masih ingat ga dulu ada ibu guru atau bapak guru yang tanya ke kita, nanti kalo sudah besar ingin jadi apa? Teman-teman masih ingat ga dulu menjawab ingin jadi apa? Dokter, insinyur, tentara, atau apa?

 

Dulu waktu kecil saya juga pernah punya cita-cita, tapi seiring berjalannya waktu cita-cita akhirnya cuma tinggal mimpi, lalu ketika dewasa... eehhh,... Saya malah berprofesi di bidang yang bukan saya cita-citakan waktu kecil 😂. Untungnya saya cinta juga dengan profesi itu. Teman-teman ada yang begitu juga ga? Atau ada yang cita-cita masa kecilnya akhirnya terwujud ketika dewasa? Kalau ada yang cita-citanya bisa terwujud, itu bagaimana ceritanya bisa sampai begitu? Itu hebat loh, sebab mewujudkan mimpi tentu butuh effort yang ga sedikit.

 

Ngomong-ngomong soal mimpi, kira-kira kalau sudah seusia sekarang masih bisa ga ya mimpi itu diwujudkan? Mimpi sepertinya tak mengenal batas usia kan ya, mungkin teman-teman ada yang baru bermimpi bisa keliling Indonesia justru ketika usia menginjak 30an atau mimpi nulis buku di usia 40an. Pasti senang kalau bisa mewujudkan mimpi. Tapi bagaimana ya caranya?

 

Nah, ada langkah-langkah mewujudkan mimpi nih yang saya peroleh dari beberapa sumber ditambah hasil kontemplasi saya sendiri. Coba  disimak saja, siapa tau cocok dan bisa dicoba.

Langkah 1.

 

 

Yang pertama katanya kita harus mengenali mimpi besar kita itu dan posisi kita saat ini. Di satu sisi memang ga ada yang ga mungkin, apalagi kalau kita sudah berbicara tentang mestakung (semesta mendukung). Tapi di pihak lain kita juga ada baiknya melihat realita, katanya sih untuk menjaga ekspektasi agar ga terlalu tinggi. Sebab kecewa itu sakit katanya. 

 

Langkah 2.

 

Berdoa. Mungkin ini sisi religius yang ga semua orang mau sebutkan dalam langkah-langkah umum cara mewujudkan mimpi. Namun bagi saya justru ini step yang penting mengingat semua yang terjadi dalam hidup adalah kehendakNya. Setelah tahu secara persis "apa mimpi kita", maka berdoa lah, ingat sebutkan secara spesifik mimpi kita, dan menuliskannya di buku diari agar seluruh elemen dalam kehidupan kita berfokus pada hal tersebut. Saya sering mencoba hal ini. Dan terwujudkah? Yup, dengan cara-cara yang bahkan saya tak menyangka, apa yang saya tulis dan doakan ternyata terkabul. Catatannya tetap sih, usaha juga harus terus dilakukan.

 

Langkah 3.

 

Bermainlah dalam skala sesuai kemampuan di bidang yang sama. Belum bisa main di skala besar? Mainlah dulu di skala kecilnya, dan tekuni. Tanyakan pada diri kita “Apa saja versi skala yang lebih kecilnya dari impian saya ini?”. Kalo mimpi keliling Indonesia mungkin versi skala kecilnya bisa dimulai dari mengunjungi daerah-daerah yang dekat dengan domisili kita dulu mungkin ya.

 

Langkah 4.

Breakdown perjalanan mimpi kita ke dalam tahapan-tahapan yang masing-masingnya memiliki target pencapaian. Bayangkan level-level skala dalam mimpi itu sebagai anak tangga, lalu mulailah mengerjakan dari yang bisa kita lakukan sekarang, bukan besok apalagi lusa. Melakukan hal besar yang masih di luar kemampuan hanya akan membuat hidup tertekan. Mimpi memang harus diperjuangkan, tapi kalau prosesnya bisa kita nikmati sepertinya jadi lebih menyenangkan kalau menurut saya.

 

Langkah 5.

 

Agendakan waktu, tenaga, dan anggarkan dana. Hal-hal yang baik selalu membutuhkan usaha untuk mendapatkannya. Makin berkualitas hasilnya, makin besar usaha yang dibutuhkan. Ingin keliling Indonesia? Yaaaa... coba rencanakan di saat cuti kerja, jaga kesehatan agar saat tiba waktunya kita dalam keadaan bugar untuk lakukan perjalanan, lalu tabungan juga harus cukup untuk mendanainya.

 

Langkah 6.

 

Jaga semangat dan konsistensi.  Terus semangat dan berjalan terus hingga kita tiba di anak tangga teratas. Katanya sih bergabung dalam komunitas tertentu yang punya passion yang sama bagus efeknya untuk menjaga semangat dan konsistensi. Soalnya psikologis manusia memang cenderung naik dan turun kadang-kadang. Tapi kalau lingkungan pertemanan kita mendukung, rasanya seperti selalu terbakar untuk mewujudkan mimpi itu. Akan lebih senang lagi kalau dapat support dari pasangan dan keluarga ya. 

 

Nah, itu semua langkah-langkah mewujudkan mimpinya teman-teman. Sekilas langkah-langkahnya seperti yang mudah ya. Tapi praktiknya pasti belum tentu semudah itu. Apapun itu, seperti kata orang bijak, "jangan takut bermimpi" sebab mimpi toh tidak beli. Gantungkan mimpi setinggi langit, tapi pastikan kaki menjejak di bumi. Saya mau ambil diari dulu ah, jadi kepikiran menuliskan beberapa mimpi baru 😊. Sampai ketemu lagi di tulisan saya selanjutnya.

 

 

Materi tulisan ini dibawakan di acara Indonesia Kemarin B Radio Bandung 95,6 FM

pada tanggal 23 Juli 2017 bersama penyiar Sofia  Rubianto dengan dipi www.dipiwarawiri.com sebagai produser

 

0
0
0
s2sdefault

Comments   

0 #3 Nurul Sufitri 2017-08-06 13:13
Halo mbak Dipi :) Yang paling sulit dari semua ini adalah tetap semangat dan konsisten. Nah, terkadang kalau impian sudah terwujud, kita kurang konsisten karena menganggap sudah berhasil. Tapi semoga aja istiqomah ya hehehe. Salam kenal :) Tq infonya.

REPLY
Bener bgt. Konsisten itu sesuatuuu.. tapi mudah2an bisa ya. Semangat mba. Salam kenal juga :)
Quote
0 #2 yelli 2017-07-28 04:03
Thanks mbak, 6 langkah itu alhamdulillah udah aku lakukan dan sekarang sedang berproses untuk mengwujudkan semuai itu.
Quote
0 #1 yelli 2017-07-28 04:03
Thanks mbak, 6 langkah itu alhamdulillah udah aku lakukan dan sekarang sedang berproses untuk mengwujudkan semuai itu.

REPLY
Aamiin. Smg lancar ssuai rencana yaaa :)
Quote

Add comment


Security code
Refresh

Sponsored Post, Job Review, Special Request, Postingan Lomba

Review Buku Something in Between - Melis…

15-10-2017 Hits:73 Features Dipi - avatar Dipi

    Judul : Something in Between Penulis : Melissa de la Cruz Jenis Buku : Novel Penerbit : Harlequin Teen Tahun Terbit : 2016 Jumlah Halaman : 432 halaman Dimensi Buku : 20.07 x 13.21 x 3.05 CM Harga...

Read more

Buku To All The Boys I've Loved Before E…

02-10-2017 Hits:168 Features Dipi - avatar Dipi

  Bulan September lalu kebetulan saya mendapatkan kesempatan yang langka untuk bisa membaca buku yang sama namun dengan edisi yang berbeda. Bukunya tidak lain adalah buku To All The Boys I've...

Read more

Review Buku Rich People Problems - Kevin…

29-09-2017 Hits:281 Features Dipi - avatar Dipi

Judul : Rich People Problems Penulis : Kevin Kwan Jenis Buku : Fiksi - Novel Penerbit : Random House USA Inc Tahun Terbit : 2017 Jumlah Halaman :  384 halaman Dimensi Buku : 15.60 x 23.20...

Read more

Review Buku

Review Buku Rahasia Sang Suami (The Husb…

13-10-2017 Hits:102 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Rahasia Sang Suami Judul Asli : The Husband's Secret Penulis : Liane Moriarty Jenis Buku : Fiksi - Novel Terjemahan Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : 2016 Jumlah Halaman : 496 halaman Dimensi...

Read more

Review Buku Sihir Perempuan - Intan Para…

05-10-2017 Hits:166 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Sihir Perempuan Penulis : Intan Paramaditha Jenis Buku : Kumpulan Cerpen Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : April 2017 (Pernah diterbitkan oleh Kata Kita pada 2005) Jumlah Halaman : 366 halaman Harga...

Read more

Review Buku Dusta-Dusta Kecil - Big Litt…

02-10-2017 Hits:170 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Dusta-Dusta Kecil Judul Asli : Big Little Lies Penulis : Liane Moriarty Jenis Buku : Fiksi - Novel Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : Cetakan Kedua Mei 2017 Jumlah Halaman : 512...

Read more

Cerita Dipidiff

J.CO Jatinangor Town Square : Duduk Menu…

11-10-2017 Hits:105 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Book blogger juga manusia, yang terkadang tidak ada ide menulis, hilang fokus, pikiran lelah, serta kurang nafsu makan (padahal tadi sarapan sebakul 😅). Teman-teman pernah merasakan keadaan yang seperti itu...

Read more

Giggle Box Jatinangor - Alternatif Tempa…

11-10-2017 Hits:98 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Dulu sekali, tahun lalu tepatnya, saya pernah menulis tentang J.Co di Jatos. Waktu itu saya sedang hamil moonlight dan saat berkunjung ke sana saya cukup antusias untuk datang kembali mengingat...

Read more

Sudut Buku di Transmart Carrefour Cipadu…

08-10-2017 Hits:120 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Mungkin tidak semua orang seperti saya, yang setiap berkunjung ke mall atau supermarket pasti langsung mencari book corner. Tentu saya paling bahagia kalau di sana ada toko bukunya. Tapi jika...

Read more