EMail: dianafitridipi@gmail.com

Awal Cerita

Mikirin susu hamil nih ya buat ibu-ibu yang lagi hamil cukup bikin galau. Aku sendiri segera setelah tahu kalau hamil, langsung semangat 45 ingin mengkonsumsi susu hamil, sebab katanya itu asupan yang sangat bergizi untuk jabang bayi. Siapa sih ibu yang tak ingin bayinya montok, sehat, dan lucu (?). Semuanya pasti ingin, makanya ibu-ibu hamil begitu risau dengan susu hamil, terutama ibu yang baru mengandung anak pertamanya, kalau sudah pernah hamil sepertinya sudah tak segalau itu karena sudah lebih berpengalaman.

 

Awalnya aku pilih susu hamil dengan merk Pre***** waktu usia kandunganku satu bulan, tergiur harganya yang lebih hemat, selain itu ada pilihan rasa coklatnya juga (aku tak begitu suka rasa susu putih vanila). Beberapa hari mengkonsumsi aku menyadari kok perut terasa tak nyaman, keluhanku antara lain mual, perut kembung, dan melilit. Lumayan loh jika itu dirasakan di kehamilan 2-3 bulan yang memang pada dasarnya kondisi fisik bumil lagi turun-turunnya. Awalnya masih ditahan saja, soalnya dari kecil aku memang tidak begitu cocok dengan susu, keluhan sedikit rasa melilit di perut setelah minum susu cukup sering kurasakan. Tapi lama-lama, aku berpikir juga, bisa ga ya minum susu hamil tapi ga perlu merasakan keluhan seperti ini, harus ga sih minum susu hamil, serta sederet pertanyaan lainnya mulai bermunculan di kepalaku.

 

Sesi Konsultasi bersama Dokter Kandungan

Akhirnya, di pertemuan konsultasi dengan dokter kandungan bulan ketiga aku sampaikanlah pertanyaan-pertanyaan tersebut. Penjelasan dokter sangat sederhana, intinya ibu hamil harus makan makanan yang bergizi, tidak harus minum susu kalau memang tidak cocok, selama asupan bumil dipastikan sarat gizi yang antara lain diperoleh dari makanan yang mengandung protein tinggi (ikan dan telur), banyak buah dan sayur, serta karbohidrat yang cukup. Sederhana ya, aku tersenyum gembira mendengar penjelasan dokter. Selepas itu, aku berhenti konsumsi susu dan melanjutkan dengan pola makanan sehat terutama banyak ikan, buah, dan sayur. Untunglah selama kehamilan ini aku tidak ada keluhan dengan makanan jenis apapun, semua bisa dimakan asalkan diatur porsinya dan pola makannya. Tidak harusnya minum susu hamil bagi bumil rupanya diutarakan juga oleh seorang teman yang dulu juga mengalami keluhan yang sama saat hamil. Saat itu dokter kandungannya juga memberikan saran untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi saja dengan atau tanpa asupan susu.

 

Haruskah Bumil Mengkonsumsi Susu Hamil ?

Sebenarnya bumil tidak harus minum susu yang khusus susu hamil, bisa juga minum susu biasa, atau susu kedelai, atau susu sapi murni. Susu sapi yang murni bahkan mengandung kandungan nutrisi yang lengkap bagi kesehatan ibu dan janin, seperti kalsium, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Perlu diperhatikan bahwa jangan sampai karena sangat "percaya" dengan kewajiban minum susu hamil selama masa kehamilan malah membuat bumil melupakan konsumsi makanan yang bergizi, seperti tahu, tempe, ikan, kacang-kacangan, sayur-sayuran, atau buah-buahan. Nutrisi dalam kandungan makanan yang disebutkan tadi bagus untuk janin karena mengandung nutrisi tinggi dan aman dikonsumsi.

 

Beberapa minggu berlalu sejak aku konsultasi dengan dokter, kebetulan di dekat rumah ada tetangga yang juga seorang bidan. Aku cukup sering bertanya masalah kesehatan kehamilan dengan beliau. Dalam suatu kesempatan dimana aku periksa detak jantung bayi, aku tanya pula mengenai penting tidaknya susu hamil. Kukira jawaban bu bidan kurang lebih akan sama dengan dokter kandunganku yang tidak mewajibkan konsumsi susu hamil, ternyata beliau justru menyarankan jika masih memungkinkan akan lebih baik bumil mengkonsumsi susu hamil karena ada kandungan dalam susu hamil yang tidak dimiliki susu biasa, seperti kadar kalsiumnya yang lebih tinggi dan gula yang lebih rendah, beberapa merk susu bahkan menambahkan komposisi ekstra ke dalam produknya, seperti asam folat, kolim, AA, DHA, dan lain-lain sebagainya. Zat-zat tersebut dipercaya dapat mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah atau cacat, dan bermanfaat untuk pembentukan otak sehingga berpengaruh terhadap kepintaran anak.

 

Beberapa Cara Menghindari Rasa Mual dan Keluhan Lainnya

Tentu saja setelah mendengar ini aku jadi ingin kembali mengkonsumsi susu hamil, tentunya karena memikirkan si jabang bayi. Biarlah kutahan sedikit rasa mual dan tak nyaman lainnya, kalau memang itu bisa membuat bayiku lebih sehat dan cerdas nantinya. Makanya aku kemudian mencari akal bagaimana caranya menghindari rasa mual saat mengkonsumsi susu hamil. Beberapa cara yang sudah kupraktekkan dan berhasil bisa kamu simak di bawah ini, dicoba saja nanti, siapa tau berhasil juga.

  1. Bagi bumil yang ada keluhan setelah minum susu hamil baiknya memulai minum susu hamil dengan takaran yang diatur. Mulailah dengan segelas kecil dahulu, amati efeknya selama beberapa hari, jika dirasa tubuh sudah bisa beradaptasi mulai naikkan takaran susu dari gelas kecil menjadi gelas sedang. Hari pertama sampai hari ketiga bisa dicoba 1 sdm susu hamil ditambah 1/3 air, lebih baik diminum di malam hari dengan jeda makan malam paling tidak 1 jam. Rasa mual bisa berkurang karena dibawa tubuh beristirahat tidur di malam hari. Jika tubuh sudah beradaptasi, naikkan takaran menjadi 2 sdm dalam 2/3 air hangat. Konsumsi susu hamil 2x sehari di pagi atau siang hari karena takaran yang sudah cukup banyak ini menurutku agak berat untuk dibawa tidur.  Tingkatkan frekuensi sampai terbiasa minum susu dengan takaran yang seharusnya dianjurkan untuk ibu hamil (dapat dilihat di bagian kemasan susu).
  2. Makan dahulu sebelum mengkonsumsi susu hamil. Karbohidrat yang kita makan dapat mengurangi rasa mual yang ditimbulkan oleh susu hamil. Dengan mengkonsumsi karbohidrat, enzim laktase dalam susu akan dipecah menjadi senyawa yang lebih sederhana.
  3. Konsumsi susu hamil dengan variasi rasa yang berbeda-beda agar tidak bosan dan menghindarkan kita dari rasa mual. Selera tiap orang belum tentu sama, karena itu pilihlah susu hamil dengan varian rasa yang kita sukai. Saat ini produsen susu sangat giat mengeluarkan berbagai produk susu hamil dengan pilihan rasa, mulai dari rasa vanila, coklat, bahkan kopi. 

 

 

Mengapa ada Keluhan setelah Mengkonsumsi Susu Hamil ?

Keluhan setelah minum susu tidak selalu dialami oleh setiap orang. Namun bila itu kita alami, jangan pula terlalu khawatir karena hal tersebut adalah suatu keluhan yang umum dialami oleh seseorang yang memiliki intoleransi laktosa. Penyebabkan adalah produksi laktase yang menurun dalam tubuh. Laktase adalah enzim yang dihasilkan oleh usus kecil yang berfungsi memecah laktosa yang terkandung dalam susu agar cepat diserap oleh tubuh kita. Pada orang yang memiliki intoleransi laktosa, proses pemecahan laktosa tidak berlangsung sempurna. Akibatnya laktosa tersebut masuk ke dalam usus besar dan dicerna oleh bakteri yang ada di dalamnya. Perut kemudian menjadi kembung karena berisi gas dan kita kemudian merasakan keluhan melilit, mual, hingga diare. Laman readerdigest mengupas perihal ini dengan cukup lengkap di salah satu artikel yang mereka publikasikan secara online. Ada juga orang yang alergi terhadap susu sapi, gejalanya mirip dengan intoleransi laktosa, yakni kulit merah dan gatal, muntah dan diare, bahkan pada anak bisa sampai sesak napas disertai batuk. Pada kondisi tidak hamil, kita bisa mengganti asupan susu dengan produk olahan yang aman, misalnya keju, yogurt, es krim, susu kedelai tanpa laktosa, atau konsumsilah susu yang memang diproduksi tanpa laktosa.

 

Asupan Nutrisi yang Baik untuk Ibu Hamil 

 

Informasi yang kuperoleh dari berbagai sumber menyebutkan bahwa ibu hamil membutuhkan sebanyak 300 kkal per hari untuk pertumbuhan janin, plasenta, cairan amnion, jaringan uterus, hemoglobin, plasma protein, dan cadangan mineral saat melahirkan dan masa menyusui. Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi janin, dokter kandunganku juga menyebutkan hal itu saat sesi konsultasi. Dokter juga menyebutkan bahwa pada susu hamil ada kandungan kalsium yang lebih tinggi daripada produk susu biasa, makanya susu hamil bagus untuk bumil konsumsi. Kecuali bila bumil atau janinnya sudah kelebihan berat badan, dokter biasanya menyuruh bumil untuk mengurangi susu hamil atau stop konsumsi sama sekali, namun tetap makan makanan bergizi seperti biasa karena susu sebenarnya dikonsumsi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi saja. Dikutip dari laman healthdetik, disebutkan bahwa bumil tidak disarankan mengkonsumsi susu kental manis karena mengandung karbohidrat tinggi. Ibu hamil disarankan untuk rajin olahraga dan menghindari lingkungan yang tidak sehat seperti lingkungan yang berasap rokok.

 

Susu Hamil Anmum Materna Mocha Caramello

Dengan bekal berbagai informasi tersebut akhirnya di bulan kelima aku kembali mengkonsumsi susu hamil. Untunglah tersedia beragam merk susu hamil yang bisa jadi bahan pertimbangan. Keluhan mual dan diare membuatku harus memilih susu dengan lebih hati-hati. Sewaktu aku cek kesehatan di rumah sakit, kebetulan aku mendapatkan produk gratis dari Anmum, rasanya seperti menang kuis ya... atau mereka memberi produk gratis supaya aku review di blog ya... hahaha. Apapun itu padanya kenyataannya memang aku tertarik dengan produk mereka. Kemasan mereka yang berwarna pink cerah keunguan sudah memikat mata dari jauh. Tapi kalau soal kemasan sih kita kan tidak makan kemasannya kan. Faktor utama yang menarik dari produk susu hamil Anmum adalah seri susu hamil rasa mocha caramello nya. Sesuai sekali untukku yang suka dengan kopi, namun sejak hamil tidak bisa minum kopi kecuali dua sendok makan sekadar untuk menghilangkan rasa ingin saja. Rasa kopinya kupikir pasti bisa mengurangi rasa mual yang terjadi setelah minum susu. Sekarang sudah hampir satu bulan aku terus konsumsi susu ini, diselingi susu biasa sekali-kali biar tidak bosan. Keluhan mual dan perut melilit tidak lagi kurasakan, kalau pun ada itupun tidak terlalu mengganggu. Tentu saja aku upayakan untuk makan dulu dan memberi jeda waktu sebelum minum susu. 

 

 

Komposisi Anmum Materna Mocha Caramello

Dalam susu Anmum terdapat komposisi bahan yang terdiri dari susu bubuk tanpa lemak, susu bubuk, sukrosa, serat pangan (inulin), maltodekstrin, bubuk kakao (3%), kalsium karbonat, premiks mineral, bubuk DHA, premiks vitamin, lemak susu (lipida kompleks), perisa identik alami mocca, perisa artifisial karamel, perisa identik alami vanila. Asam Folat penting untuk pertumbuhan dan pembelahan sel, pembentukan sel darah merah, dan perkembangan janin. Serat pangan (inulin) bagus untuk memelihara fungsi pencernaan. Kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi. Zat besi untuk hemoglobin dalam sel darah merah. Vitamin B6 untuk metabolisme energi dan pembentukan jaringan serta fungsi koenzim dalam pembentukan asam nukleat. Protein untuk membangun dan memperbaiki tubuh.

  

Catatan Pribadi Dariku Untukmu Tentang Susu Hamil

Beberapa catatan yang ingin aku tambahkan secara pribadi dari pengalamanku bersama susu hamil antara lain adalah mengenai harga produk. Sejujurnya tidak semua dari kita memiliki alokasi yang leluasa untuk pembelian susu hamil. Aku sendiri berhitung dengan bijak soal pengeluaran konsumsi khusus masa kehamilan, dan susu hamil jelas mengambil porsi cukup besar dalam hitungan. Harga susu hamil ukuran berat bersih 200 gram mencapai kurang lebih Rp. 50.000, produk lain juga tak jauh beda. Susu ini idealnya diminum 2x sehari dengan takaran kurang lebih 5 sdm. Itu artinya paling sekitar 1 minggu susu ini akan habis kita konsumsi. Berarti biaya yang disiapkan dalam satu bulan cukup lumayan kan. Oleh karena itu, aku tetap berpendapat jika memang situasi tidak memungkinkan cukuplah ibu hamil mengkonsumsi makanan yang bergizi, tak perlu begitu khawatir tidak mengkonsumsi susu hamil, namun jika mampu maka tidak ada salahnya tambahkan susu hamil sebagai menu harian selama masa kehamilan.

 

Ibu hamil harus cerdas agar mengerti apa yang baik dan tepat untuk ia lakukan demi pertumbuhan janinnya. Ibu kandungku sendiri sudah tiada dan ibu mertuaku yang sudah sepuh tinggal jauh di luar kota sehingga tempatku bertanya seputar kehamilan tampaknya tak dapat lagi mengandalkan pengetahuan turunan dari seorang ibu. Dalam masa kehamilan ini aku lebih banyak menggali informasi dari dokter kandungan, teman dokter dan bidan, sahabat-sahabat, serta sebanyak mungkin sumber bacaan yang terpercaya. Oleh karena itu aku menuliskan sendiri pengalamanku selama hamil dengan harapan semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca karena masa kehamilan adalah periode yang penting dalam bagian hidup kita terutama seorang wanita.

 

Salam ibu hamil, salam untuk semua wanita, dan para suami yang baik hati.

Dipi

 

 

Review Buku Aroma Karsa - Dee Lestari

08-07-2018 Hits:112 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Aroma Karsa Penulis : Dee Lestari Jenis Buku : Fiksi Penerbit : Bentang Tahun Terbit : 2018 Jumlah Halaman :  710 halaman Dimensi Buku :  13,5 x 20 cm Harga : Rp. 125.000 ISBN : 978-602-291-463-1 Soft Cover                                                                                       ...

Read more

Review Buku A Sweet Mistake - Vevina Ais…

24-05-2018 Hits:131 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : A Sweet Mistake Penulis : Vevina Aisyahra Jenis Buku : Novel Young Adult Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : Desember 2017 Jumlah Halaman : 248 halaman Dimensi Buku :  13,5 x 20 cm Harga : Rp. 59.000 ISBN...

Read more

Review Buku The Productivity Project - C…

01-04-2018 Hits:809 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : The Productivity Project – Accomplishing More by Managing Your Time, Attention, and Energy Penulis : Chris Bailey Jenis Buku : Non Fiksi – Self Improvement Penerbit : Crown Business Tahun Terbit : Agustus 2017 Jumlah...

Read more

Review Buku The Silent Corner - Dean Koo…

30-03-2018 Hits:831 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : The Silent Corner Penulis : Dean Koontz Jenis Buku : Novel Suspense Penerbit : Random House Tahun Terbit : Oktober 2017 Jumlah Halaman :  576 halaman Harga : Rp. 143.000 ISBN : 978-0-345-54679-1 Mass Market Paperbound Edisi Bahasa Inggris New York...

Read more

Review Buku Gentayangan - Intan Paramadh…

29-03-2018 Hits:901 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Gentayangan Penulis : Intan Paramadhita Jenis Buku : Novel Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : Oktober 2017 Jumlah Halaman :  512 halaman Harga : Rp. 125.000 ISBN : 978-602-03-7772-8 Edisi Soft Cover Karya sastra bidang prosa terbaik pilihan...

Read more

Review Buku Magnus Chase and The Sword o…

29-03-2018 Hits:887 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Magnus Chase and The God of Asgard - The Sword of Summer Penulis : Rick Riordan Jenis Buku : Novel Fantasy Penerbit : Disney Book Group Tahun Terbit : 2015 Jumlah Halaman :  499 halaman Dimensi Buku...

Read more

Review Buku Rich People Problems - Kevin…

29-09-2017 Hits:2207 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Rich People Problems Penulis : Kevin Kwan Jenis Buku : Fiksi - Novel Penerbit : Random House USA Inc Tahun Terbit : 2017 Jumlah Halaman :  384 halaman Dimensi Buku : 15.60 x 23.20...

Read more