EMail: dianafitridipi@gmail.com

 

“There is only one thing that makes a dream impossible to achieve: the fear of failure.” 

- Paulo Coelho, The Alchemist
 

Teman-teman, rasanya kita semua punya mimpi dan cita-cita ya. Mimpi ingin jadi pengusaha yang sukses, ingin buka restoran ternama, cita-cita jadi dokter, berkarir di dunia jurnalistik, dan masih banyak lagi. Ini kadang sudah kita miliki sejak kita masih kecil, katakanlah usia sekolah dasar. Masih ingat ga dulu ada ibu guru atau bapak guru yang tanya ke kita, nanti kalo sudah besar ingin jadi apa? Teman-teman masih ingat ga dulu menjawab ingin jadi apa? Dokter, insinyur, tentara, atau apa?

 

Dulu waktu kecil saya juga pernah punya cita-cita, tapi seiring berjalannya waktu cita-cita akhirnya cuma tinggal mimpi, lalu ketika dewasa... eehhh,... Saya malah berprofesi di bidang yang bukan saya cita-citakan waktu kecil ?. Untungnya saya cinta juga dengan profesi itu. Teman-teman ada yang begitu juga ga? Atau ada yang cita-cita masa kecilnya akhirnya terwujud ketika dewasa? Kalau ada yang cita-citanya bisa terwujud, itu bagaimana ceritanya bisa sampai begitu? Itu hebat loh, sebab mewujudkan mimpi tentu butuh effort yang ga sedikit.

 

Ngomong-ngomong soal mimpi, kira-kira kalau sudah seusia sekarang masih bisa ga ya mimpi itu diwujudkan? Mimpi sepertinya tak mengenal batas usia kan ya, mungkin teman-teman ada yang baru bermimpi bisa keliling Indonesia justru ketika usia menginjak 30an atau mimpi nulis buku di usia 40an. Pasti senang kalau bisa mewujudkan mimpi. Tapi bagaimana ya caranya?

 

Nah, ada langkah-langkah mewujudkan mimpi nih yang saya peroleh dari beberapa sumber ditambah hasil kontemplasi saya sendiri. Coba  disimak saja, siapa tau cocok dan bisa dicoba.

Langkah 1.

 

 

Yang pertama katanya kita harus mengenali mimpi besar kita itu dan posisi kita saat ini. Di satu sisi memang ga ada yang ga mungkin, apalagi kalau kita sudah berbicara tentang mestakung (semesta mendukung). Tapi di pihak lain kita juga ada baiknya melihat realita, katanya sih untuk menjaga ekspektasi agar ga terlalu tinggi. Sebab kecewa itu sakit katanya. 

 

Langkah 2.

 

Berdoa. Mungkin ini sisi religius yang ga semua orang mau sebutkan dalam langkah-langkah umum cara mewujudkan mimpi. Namun bagi saya justru ini step yang penting mengingat semua yang terjadi dalam hidup adalah kehendakNya. Setelah tahu secara persis "apa mimpi kita", maka berdoa lah, ingat sebutkan secara spesifik mimpi kita, dan menuliskannya di buku diari agar seluruh elemen dalam kehidupan kita berfokus pada hal tersebut. Saya sering mencoba hal ini. Dan terwujudkah? Yup, dengan cara-cara yang bahkan saya tak menyangka, apa yang saya tulis dan doakan ternyata terkabul. Catatannya tetap sih, usaha juga harus terus dilakukan.

 

Langkah 3.

 

Bermainlah dalam skala sesuai kemampuan di bidang yang sama. Belum bisa main di skala besar? Mainlah dulu di skala kecilnya, dan tekuni. Tanyakan pada diri kita “Apa saja versi skala yang lebih kecilnya dari impian saya ini?”. Kalo mimpi keliling Indonesia mungkin versi skala kecilnya bisa dimulai dari mengunjungi daerah-daerah yang dekat dengan domisili kita dulu mungkin ya.

 

Langkah 4.

Breakdown perjalanan mimpi kita ke dalam tahapan-tahapan yang masing-masingnya memiliki target pencapaian. Bayangkan level-level skala dalam mimpi itu sebagai anak tangga, lalu mulailah mengerjakan dari yang bisa kita lakukan sekarang, bukan besok apalagi lusa. Melakukan hal besar yang masih di luar kemampuan hanya akan membuat hidup tertekan. Mimpi memang harus diperjuangkan, tapi kalau prosesnya bisa kita nikmati sepertinya jadi lebih menyenangkan kalau menurut saya.

 

Langkah 5.

 

Agendakan waktu, tenaga, dan anggarkan dana. Hal-hal yang baik selalu membutuhkan usaha untuk mendapatkannya. Makin berkualitas hasilnya, makin besar usaha yang dibutuhkan. Ingin keliling Indonesia? Yaaaa... coba rencanakan di saat cuti kerja, jaga kesehatan agar saat tiba waktunya kita dalam keadaan bugar untuk lakukan perjalanan, lalu tabungan juga harus cukup untuk mendanainya.

 

Langkah 6.

 

Jaga semangat dan konsistensi.  Terus semangat dan berjalan terus hingga kita tiba di anak tangga teratas. Katanya sih bergabung dalam komunitas tertentu yang punya passion yang sama bagus efeknya untuk menjaga semangat dan konsistensi. Soalnya psikologis manusia memang cenderung naik dan turun kadang-kadang. Tapi kalau lingkungan pertemanan kita mendukung, rasanya seperti selalu terbakar untuk mewujudkan mimpi itu. Akan lebih senang lagi kalau dapat support dari pasangan dan keluarga ya. 

 

Nah, itu semua langkah-langkah mewujudkan mimpinya teman-teman. Sekilas langkah-langkahnya seperti yang mudah ya. Tapi praktiknya pasti belum tentu semudah itu. Apapun itu, seperti kata orang bijak, "jangan takut bermimpi" sebab mimpi toh tidak beli. Gantungkan mimpi setinggi langit, tapi pastikan kaki menjejak di bumi. Saya mau ambil diari dulu ah, jadi kepikiran menuliskan beberapa mimpi baru ?. Sampai ketemu lagi di tulisan saya selanjutnya.

 

 

Materi tulisan ini dibawakan di acara Indonesia Kemarin B Radio Bandung 95,6 FM

pada tanggal 23 Juli 2017 bersama penyiar Sofia  Rubianto dengan dipi www.dipiwarawiri.com sebagai produser

 

Review Buku Aroma Karsa - Dee Lestari

08-07-2018 Hits:112 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Aroma Karsa Penulis : Dee Lestari Jenis Buku : Fiksi Penerbit : Bentang Tahun Terbit : 2018 Jumlah Halaman :  710 halaman Dimensi Buku :  13,5 x 20 cm Harga : Rp. 125.000 ISBN : 978-602-291-463-1 Soft Cover                                                                                       ...

Read more

Review Buku A Sweet Mistake - Vevina Ais…

24-05-2018 Hits:131 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : A Sweet Mistake Penulis : Vevina Aisyahra Jenis Buku : Novel Young Adult Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : Desember 2017 Jumlah Halaman : 248 halaman Dimensi Buku :  13,5 x 20 cm Harga : Rp. 59.000 ISBN...

Read more

Review Buku The Productivity Project - C…

01-04-2018 Hits:809 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : The Productivity Project – Accomplishing More by Managing Your Time, Attention, and Energy Penulis : Chris Bailey Jenis Buku : Non Fiksi – Self Improvement Penerbit : Crown Business Tahun Terbit : Agustus 2017 Jumlah...

Read more

Review Buku The Silent Corner - Dean Koo…

30-03-2018 Hits:831 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : The Silent Corner Penulis : Dean Koontz Jenis Buku : Novel Suspense Penerbit : Random House Tahun Terbit : Oktober 2017 Jumlah Halaman :  576 halaman Harga : Rp. 143.000 ISBN : 978-0-345-54679-1 Mass Market Paperbound Edisi Bahasa Inggris New York...

Read more

Review Buku Gentayangan - Intan Paramadh…

29-03-2018 Hits:901 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Gentayangan Penulis : Intan Paramadhita Jenis Buku : Novel Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : Oktober 2017 Jumlah Halaman :  512 halaman Harga : Rp. 125.000 ISBN : 978-602-03-7772-8 Edisi Soft Cover Karya sastra bidang prosa terbaik pilihan...

Read more

Review Buku Magnus Chase and The Sword o…

29-03-2018 Hits:887 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Magnus Chase and The God of Asgard - The Sword of Summer Penulis : Rick Riordan Jenis Buku : Novel Fantasy Penerbit : Disney Book Group Tahun Terbit : 2015 Jumlah Halaman :  499 halaman Dimensi Buku...

Read more

Review Buku Rich People Problems - Kevin…

29-09-2017 Hits:2207 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Rich People Problems Penulis : Kevin Kwan Jenis Buku : Fiksi - Novel Penerbit : Random House USA Inc Tahun Terbit : 2017 Jumlah Halaman :  384 halaman Dimensi Buku : 15.60 x 23.20...

Read more