EMail: dianafitridipi@gmail.com

SPONSORED POST

 

Waktunya masaaakkk!!! Gembira sekali hari ini bisa bergabung dengan beberapa peserta lainnya di Mpie Kitchen untuk belajar membuat roti unyil. Saya sendiri sangat menyukai produk roti unyil sejak dulu. Tiap kali suami dinas ke kota Bogor pasti saya langsung saja menyambar kesempatan itu untuk minta oleh-oleh roti unyil, satu sampai dua kotak yang isinya bervariasi. Tidak kebayang bahwa hari ini ternyata tak usah lagi harus menunggu suami dinas ke sana, sebab setelah belajar di cooking class, akhirnya bisa membuat roti unyil sendiri di rumah. Yah, minimal tempat belinya jauh lebih dekat ya... hahaha.

 

Picture : Beberapa jenis roti unyil yang dibuat, isi cokelat dan pisang dengan toping cokelat

 

Kalian suka roti unyil tidak? Roti unyil yang saya kenal adalah roti berukuran kecil, ukuran satu suapan saja, dengan isi yang beragam, mulai dari cokelat, keju, sampai durian. Produk ini laku keras justru karena bentuknya yang mini menggemaskan. Selain itu ada kecenderungan dari konsumen yang ingin makan roti dengan berbagai rasa, tapi kalau rotinya berukuran besar jadi terlalu mengenyangkan sehingga tidak bisa makan banyak.

  

Resep Rahasia

Kelas dimulai pukul 1 siang, kami peserta sudah berkumpul di dapur Mpie Kitchen siap memperhatikan cara pembuatan roti unyil yang benar dan sehat itu seperti apa. Simak di bawah ini resep rahasianya ya.

Bahan : 1000 gram cakra / bola salju, 15 gram yeast, 200 gram gula, 100 gram susu bubuk, 4 butir telur, 500 ml air dingin, 100 gram mentega, 10 gram / 2 sdt garam, susu evaporated

Cara membuat :

Campur terigu, ragi, gula pasir, susu bubuk aduk rata

Masukkan telur dan air dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis

Tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga benar-benar kalis

Diamkan adonan 30 menit sampai mengembang

Potong dan timbang adonan 20 gram

Bentuk dan isi sesuai selera

Mudah sekali kan ya. Resep ini bisa kita aplikasikan di rumah.

 

Praktek - Tips dan Best Practise

Membuat roti unyil ada tips best practise nya loh ternyata. Saya sih tidak jago masak, apalagi roti, taunya cuma beli dan paham mana roti yang enak mana yang tidak, mana yang berpengawet mana yang tidak. Tapi kalau disuruh membuat pasti langsung nyerah. Nah, waktu membaca resep dan cara pembuatan untuk pertama kali, saya merasa ini mudah. Tapi setelah melihat langsung pembuatannya di dapur, barulah paham mengapa ada yang membuat roti tapi hasilnya bantat, ada yang gagal total, ada yang bentuknya semrawut, dan lain-lain. 

 

Senangnya belajar di Mpie Kitchen itu kita diajari dengan sangat sabar oleh Mba Sofie. Mba Sofie ini adalah pemilik Mpie Kitchen sekaligus instruktur berbagai cooking class yang diadakan oleh Mpie Kitchen. Tidak cuma di Mpie Kitchen saja, beliau sudah pengalaman di banyak tempat selama bertahun-tahun. Tidak heran kalau makanan buatannya enak-enak termasuk roti unyil ini.

 

Mba Sofie mengajarkan kepada kami semua tahap per tahap. Beliau mewanti-wanti saat memasukkan telur dan air dingin memang harus sedikit demi sedikit, ternyata alasannya supaya merata di adonan. Ssssttt... kalau saya sih biasanya main campur aja semuanya sekaligus biar cepat... hehehe. Saya tidak tau loh adonan yang kalis itu seperti apa. Makanya waktu di dapur langsung tanya bagaimana ciri adonan roti yang sudah kalis. Rupanya adonan yang kalis itu adalah adonan yang kalau kita bentangkan sedemikian rupa maka adonan tersebut tidak robek.

 

Picture : Mba Sofie sedang menunjukkan adonan yang kalis itu seperti apa

 

Lalu saat menimbang adonan, Mba Sofie juga mengingatkan supaya adonan tepat 20 gram beratnya. Makanya kalau untuk skala dagang, bukan untuk dikonsumsi sendiri, pembuat roti unyil harus menimbang dengan timbangan digital, karena berat adonan akan berpengaruh pada ukuran roti juga takaran lainnya. Roti unyil di luaran biasanya menggunakan adonan dengan berat yang lebih ringan dari yang dibuat di Mpie Kitchen, jadi jangan heran ya kalau ukuran roti unyil Mpie Kitchen memang lebih besar sedikit. Ukurannya malah pas buat saya.

 

Lalu bagaimana dong bagi yang ingin membuat roti unyil tapi tidak punya timbangan digital? Kata Mba Sofie bisa saja menggunakan timbangan jarum biasa, tinggal dikira-kira sendiri, tidak masalah karena toh kalau ukurannya tidak seragam seratus persen, kan rotinya mau kita makan sendiri. Jangan lupa proses menimbang dan membentuk adonan harus cepat ya, karena khawatir adonan terlalu mengembang akhirnya tidak bagus hasilnya. 

 

Picture : Proses menimbang adonan tepat 20 gram dengan timbangan digital

 

Catatan lainnya yang diberikan oleh Mba Sofie adalah tentang menyimpan adonan yang belum dibentuk sebaiknya di dalam wadah yang ditutup kain yang dibasahi (lembab) tapi harus ada jarak antara kain dan adonan, jadi kain tidak menyentuh adonan sedikitpun. Ini masih berkaitan dengan mencegah adonan mengembang terlalu cepat. Adonan yang siap dibentuk sebaiknya ditutup plastik karena kalau dibiarkan terbuka lama nanti akan terbentuk semacam kulit pada adonan.

 

Paling senang waktu diminta untuk membentuk adonan sendiri, bentuknya bulat-bulat kecil dari adonan kalis yang tadi ditimbang 20 gram. Waktu saya coba ternyata ada tekniknya. Adonan itu tidak kita bentuk bulat dengan dua tangan, tapi cukup satu tangan aja. Ujung-ujung jari membentuk bulatan dan putar adonan berlawanan arah jam sambil tekan dasarnya ke arah dalam. Kalau tidak menggunakan teknik itu ternyata susah juga membentuknya.

 

Selain itu para peserta juga diminta untuk praktek menimbang dan mengisi adonan roti dengan pisang, keju, atau cokelat. Kami juga menunggu dengan sabar waktu roti harus didiamkan dulu supaya mengembang dengan baik lalu dimasukkan ke dalam oven bersuhu 160° untuk dipanggang. Tunggu 10 - 15 menit atau sampai roti matang kecoklatan. Oh ya jangan lupa mengolesi roti dengan susu evaporasi ya, agar permukaan roti mengkilap sehingga kelihatan cantik.

 

Belajar Masak di Mpie Kitchen

Pengalaman belajar membuat roti unyil hari ini adalah salah satu pengalaman yang menyenangkan buat saya. Saya sering mengikuti beberapa jenis kursus lainnya, tapi memang bukan kursus memasak. Harus diakui di Mpie Kitchen kita mendapatkan pelayanan yang baik, biayanya pun cuma Rp. 20.000 saja dengan durasi kegiatan belajar 2,5 - 3 jam. Kami para peserta bisa mempraktekkan cara pembuatan roti unyil dengan bimbingan instruktur yang sabar, bahkan kalau ada peserta yang tidak aktif, instruktur sering mengajak dan membujuk peserta tersebut agar berpartisipasi dalam kegiatan. Semua pertanyaan dijawab dengan jelas, bahkan tidak ditanya pun kami sudah banjir dengan tips dan trik rahasia membuat roti yang baik.

 

Roti unyil yang kami buat bisa kami bawa pulang, bahkan beberapa roti-roti contoh yang ada di Mpie Kitchen dipersilahkan untuk dinikmati selama kegiatan belajar berlangsung agar peserta dapat merasakan seperti apa sih rasa roti unyil buatan Mpie Kitchen. Belum lagi kami mendapatkan sertifikat dan goodybag yang isinya produk dari sponsorship. Peserta juga mendapatkan handout materi dan alat menulis. Ini penting karena banyak trik dan tips yang tidak disebutkan dalam handout, jadi peserta harus aktif mencatat sendiri.

 

Suasana belajar santai dan penuh tawa, kelas roti unyil ini juga bisa diikuti oleh anak-anak loh. Bagaimana dengan ibu-ibu yang punya anak? Ya bawa saja anaknya, tim Mpie Kitchen ramah pada anak. Laki-laki juga boleh mengikuti berbagai kelas yang diminati. Dokumentasi juga berjalan sepanjang kelas berlangsung. Kita bisa minta difoto atau foto bersama, dan juga diperbolehkan selfie atau wefie sesuka hati asal tetap tertib dan tidak mengganggu jalannya kegiatan belajar. Tim pengajar bahkan bersedia berpose sejenak kalau kita ingin foto momen tertentu, misalnya seperti foto-foto yang saya ambil di atas saat instruktur sedang memperagakan proses menimbang atau saat menunjukkan contoh adonan roti yang sudah kalis.

 

 

Dapur Mpie Kitchen yang berada di Villa Pajajaran Permai Bandung ukurannya masih belum luas, oleh karena itu jika mendengar Mpie Kitchen membuka cooking class, sebaiknya segera daftar karena pesertanya memang selalu dibatasi disesuaikan dengan kapasitas dapurnya. 

 

Kelebihan Roti Unyil Mpie Kitchen

Saya sendiri suka roti yang empuk, rasanya gurih susu, jika isi cokelat maka cokelatnya tidak membuat gigi saya sakit, pisangnya harus manis, dan kalau topingnya saus pizza maka harus segar. Kebayang kan betapa pemilihnya saya.... hahaha. Nah, roti unyil di Mpie Kitchen ternyata tidak menggunakan bread improver, pelembut dan pengawet. Pengolahannya yang tepat membuat tekstur roti menjadi lembut, dan semua yang saya harapkan dari sebuah roti nyatanya sanggup diberikan oleh produk Mpie Kitchen yang satu ini. Tidak ada gosong, tidak ada adonan yang tak matang, tidak keras, atau seperti berkulit. Semuanya oke. kata Mba Sofie roti unyilnya harus habis dalam waktu 3 hari ya, karena tidak menggunakan pengawet jadi lebih sehat namun ada batas masa aman untuk dikonsumsi. Nanti, kalau kalian mempraktekkan resep roti unyil ini, jangan lupa cokelat yang digunakan sebaiknya tidak sembarangan, soalnya ada cokelat yang getir rasanya, atau membuat gigi kita jadi sakit. Lebih baik beli yang lebih mahal sedikit tapi bagus kualitasnya.

 

Sudah tertarik tidak nih belajar juga di Mpie Kitchen, atau malah ingin beli saja produknya? Saya tuliskan alamatnya di bawah ini supaya kalian bisa menghubungi Mpie Kitchen untuk pesanan produk dan untuk kegiatan belajar juga.

 

Home Outlets & Workshop Mpie Kitchen

Komplek Villa Pajajaran Permai Blok E No. 3 dan E No. 8 Cileunyi Bandung

Phone : 022 - 87795187 / 0822 190 22221

Review Buku Aroma Karsa - Dee Lestari

08-07-2018 Hits:112 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Aroma Karsa Penulis : Dee Lestari Jenis Buku : Fiksi Penerbit : Bentang Tahun Terbit : 2018 Jumlah Halaman :  710 halaman Dimensi Buku :  13,5 x 20 cm Harga : Rp. 125.000 ISBN : 978-602-291-463-1 Soft Cover                                                                                       ...

Read more

Review Buku A Sweet Mistake - Vevina Ais…

24-05-2018 Hits:131 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : A Sweet Mistake Penulis : Vevina Aisyahra Jenis Buku : Novel Young Adult Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : Desember 2017 Jumlah Halaman : 248 halaman Dimensi Buku :  13,5 x 20 cm Harga : Rp. 59.000 ISBN...

Read more

Review Buku The Productivity Project - C…

01-04-2018 Hits:809 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : The Productivity Project – Accomplishing More by Managing Your Time, Attention, and Energy Penulis : Chris Bailey Jenis Buku : Non Fiksi – Self Improvement Penerbit : Crown Business Tahun Terbit : Agustus 2017 Jumlah...

Read more

Review Buku The Silent Corner - Dean Koo…

30-03-2018 Hits:831 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : The Silent Corner Penulis : Dean Koontz Jenis Buku : Novel Suspense Penerbit : Random House Tahun Terbit : Oktober 2017 Jumlah Halaman :  576 halaman Harga : Rp. 143.000 ISBN : 978-0-345-54679-1 Mass Market Paperbound Edisi Bahasa Inggris New York...

Read more

Review Buku Gentayangan - Intan Paramadh…

29-03-2018 Hits:901 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Gentayangan Penulis : Intan Paramadhita Jenis Buku : Novel Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : Oktober 2017 Jumlah Halaman :  512 halaman Harga : Rp. 125.000 ISBN : 978-602-03-7772-8 Edisi Soft Cover Karya sastra bidang prosa terbaik pilihan...

Read more

Review Buku Magnus Chase and The Sword o…

29-03-2018 Hits:887 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Magnus Chase and The God of Asgard - The Sword of Summer Penulis : Rick Riordan Jenis Buku : Novel Fantasy Penerbit : Disney Book Group Tahun Terbit : 2015 Jumlah Halaman :  499 halaman Dimensi Buku...

Read more

Review Buku Rich People Problems - Kevin…

29-09-2017 Hits:2207 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Rich People Problems Penulis : Kevin Kwan Jenis Buku : Fiksi - Novel Penerbit : Random House USA Inc Tahun Terbit : 2017 Jumlah Halaman :  384 halaman Dimensi Buku : 15.60 x 23.20...

Read more