EMail: dianafitridipi@gmail.com

buku

Judul : The Rosie Effect

Penulis : Graeme Simsion

Jenis Buku : Non Fiksi – Romance

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : Januari 2018

Jumlah Halaman :  464 halaman

Dimensi Buku :  13.5 x 20 cm

Harga : Rp. 97.000

ISBN : 9786020379319

Edisi Terjemahan

Alih Bahasa : Dharmawati

 

Dari Penulis Bestseller THE ROSIE PROJECT

  


Sekelumit Tentang Isi


Novel ini adalah buku kedua Rosie Jarman dan Don Tillman yang pastinya sangat dinanti-nantikan oleh penggemar novel laris New York Times, The Rosie Project. Kali ini Rosie dan Don, tinggal bahagia di New York. Tapi mereka kali ini menghadapi tantangan baru karena - tanpa diduga Rosie hamil.

Don memutuskan untuk mempelajari protokol menjadi ayah, tetapi gaya penelitiannya yang tidak biasa membuatnya mendapatkan masalah hukum. Untungnya sahabatnya, Gene siap memberikan saran: dia meninggalkan Claudia dan pindah bersama Don dan Rosie.

Ketika Don mencoba menjadwalkan waktu untuk melakukan riset tentang kehamilan, dan pada saat yang sama meminta Gene dan Claudia untuk berdamai, mereparasi kulkas yang menempati setengah dari apartemennya, membantu Dave si Bisbol Fan menyelamatkan bisnisnya, serta tetap berada di sisi kanan Lydia sebagai pekerja sosial, dia hampir melupakan masalah terbesar yang sesungguhnya : yakni kehilangan Rosie justru ketika Rosie sangat membutuhkannya.

Graeme Simsion pertama kali memperkenalkan karakter-karakter yang tak terlupakan ini dalam The Rosie Project. "Kadang-kadang Anda hanya membutuhkan kisah cinta yang cerdas yang akan membuat siapa pun, pria atau wanita, tertawa terbahak-bahak." The San Fransisco Chronicle. Jika Anda tersapu oleh buku yang memikat jutaan pembaca di seluruh dunia ini, Anda akan menyukai Rosie Effect.
  

The Rosie Effect kembali menghadirkan Don Tillman yang menyentuh hati. Teman-teman, bersiaplah untuk jatuh cinta lagi.
 

Seputar Fisik Buku dan Disainnya


Don Tillman yang naik sepeda, latar ilustrasi kota New York, dan apakah itu gambar taxi (?), tampaknya memang berusaha menggambarkan isi novel ini. Sama sekali tidak ada petunjuk bahwasanya buku ini bercerita tentang romance semanis ini. Kecuali untuk mereka yang sudah baca buku pertamanya, The Rosie Project, pasti sudah tahu bakal seperti apa ceritanya.

Sedang saya yang belum seberuntung itu, melihat cover buku yang begini saya betul-betul buta. Setidaknya warna merah dan kuning ini memang menarik komposisinya.

 

Tokoh dan Karakter

Don Tillman, tokoh utama cerita yang disuka sebagian besar pembaca. Don tampan dan jenius, dia polos dan lucu, dia baik hati dan setia, tapi dia juga sering berbuat kebodohan dan tak peka gara-gara cara berpikirnya yang bisa disebut "beda dengan orang-orang". Saya suka sekali tokoh ini.

Rosie Jarman, cantik dan tak kalah cerdas dengan Don, wanita mandiri yang memiliki latar belakang keluarga yang rumit, membuatnya sensitif dan sulit percaya bahwa Don bisa menjadi ayah yang baik untuk anaknya kelak. Beberapa reviewer menyebutkan karakter Rosie di novel ini sangat menyebalkan. Gene, sahabat Don, yang berpisah dari istrinya, punya ego sendiri soal pasangan. Gemar merayu wanita untuk membuktikan dirinya masih menarik di mata kaum hawa. Lalu ada George dan beberapa teman Don lainnya yang memiliki peran juga dalam cerita.

 

Alur dan Latar

The Rosie Effect beralur maju, dengan konflik yang cukup bervariasi, bukan cuma soal cinta, tapi juga persahabatan dan karir. Endingnya manis sekali dan semua konflik ditutup dengan baik. Ulasan yang paling pedas di situs Goodreads untuk novel ini salah satunya menyebutkan bahwa buku ini tidak punya alur cerita sama sekali, melainkan hanya setingan cerita biasa yang klise ala drama komedia situasi. Menurut saya, memang ada satu dua adegan yang klise, tapi saya setuju dengan salah satu ulasan di Goodreads juga bahwa meskipun ada banyak celah dalam buku sekuel ini, tapi The Rosie Effect tetap buku yang menghibur. Fokuskan diri kita untuk tidak sibuk mengritik saat membaca novel ini adalah salah satu saran yang bisa saya berikan untuk teman-teman.

Novel ini berlatar belakang kota New York dengan apartemen-apartemen, kampus, cafe, dan lokasi-lokasi umumnya di sebuah kota besar. Deskripsi latarnya jelas dan lumayan detail.

 

Yang menarik dan atau disuka dari Buku ini

Bahasanya Don yang ilmiah membuat saya terkaget-kaget sekaligus tersenyum. Ini pertama kalinya saya bertemu tokoh pria selucu, sepolos dan secerdas ini.

Sekarang Rosie ingin aku “melawan Jerome” dan menunjukkan bahwa kami tidak bisa “diinjak-injak seenaknya”. Perilaku persisi seperti inilah yang kuinstruksikan kepada murid-murid bela diriku untuk dihindari. Kalau kedua pihak bertujuan menegakkan dominasi dan karenanya menerapkan algoritma “respons dengan kekuatan lebih besar”, hasil akhirnya akan berupa melumpuhkan atau mebunuh salah satu pihak. Cuma gara-gara cucian.
Halaman 14

“Sulit dikalkukasi.” Aku mengutarakan bahwa Gene seharusnya mengajukan pertanyaan ini  sebelum menambah jumlah kewarganegaraan  wanita yang dtidurinya. Kalau dia menginginkan estimasi masuk akal atas probabilitas tersebut, aku bakal membutuhkan informasi tentang pola migrasi serta ukuran jejaring sosial dan profesional Claudia.
Halaman 15

 

Narasi yang berbentuk poin-poin sebagai imbas dari cara berpikir tokoh Don terasa unik.

Bagaimanapun, keputusan hidup yang besar membutuhkan:
1.    Artikulasi pilihan, misalnya tidak punya anak; memiiliki sejumlah anak secara spesifik; mensponsori satu anak atau lebih lewat badan amal.
2.    Perhitungan kelebihan dan kekurangan masing-masing pilihan, misalnya kebebasan untuk bepergian; kemampuan untuk mendedikasikan waktu untuk bekerja; risiko gangguan atau frustasi gara-gara tindaka si anak. Masing-masing faktor perlu diberi nilai beban yang telah disepakati bersama.
3.    Perbandingan objektif pilihan-pilihan tersebut menggunakan hal di atas.
4.    Rencana pengimplementasian, yang mungkin menggunakan faktor-faktor baru, membutuhkan revisi (1), (2), dan (3).
Halaman 26

 

Bahkan kalimat percakapannya pun tak lepas dari kajian ilmiah, mendukung profil Don yang seorang profesor jenius dan Rosie yang cerdas. Mereka berdua memang dari kalangan akademisi.

Namun Rosie ingin membahas kehamilan.
“Aku sudah mencari-cari di internet. Kau tahu, bayi ini bahkan panjangnya belum satu sentimeter.”
“Istilah bayi itu menyesatkan. Itu masih belum berkembang lebih jauh dari blastosis.”
“Aku tidak mau menyebutnya blastosis.”
“Embrio. Belum fetus.”
“Perhatikan, Don. Aku hanya akan mengatakan ini sekali saja. Aku tidak butuh empat puluh minggu komentar teknnis.”
“Tiga puluh lima. Gestasi secara konvensional dihitung dari dua minggu sebelum pembuahan dan tebakan terbaik kita adalah peristiwa itu terjadi tiga minggu lalu, setelah impresi Roman Holiday. Yang perlu dikonfirmasi oleh tenaga medis profesional. Apakah kau sudah membuat janji temu?”
“Aku baru tahu aku hamil kemarin. Lagi pula, sejauh yang kupedulikan, ini bayi. Bayi potensial, oke?”
“Bayi yang masih dalam proses perkembangan.”
“Betul.”
“Sempurna. Kita bisa menyebutnya Baby Under Development. BUD.”
Halaman 49

Tuna merupakan sumber Omega-3, asam lemak yang berkaitan dengan tingkat IQ yang lebih tinggi. Hibbeln, et al, “Konsumsi Hidangan Laut Ibu dalam Kehamilan dan Dampak Perkembangan Saraf pada Masa Kanak-Kanak,” The Lancet, 2007. Dan ini tuna bluefin. Beberapa gram sekali seumur hidup tidak akan terlalu merugikan planet.”
Halaman 211

 

Ada informasi yang baru saya ketahui dari bacaan ini.

“Sebetulnya, kopi yang dibuat dengan poci plunger memiliki kira-kira 2,5 kali kandungan kafein daripada kafein yang terkandung dalam espresso.”
Halaman
 52
#lain kali saya akan mencari tahu tentang poci ini lebih detail.

 

Ada juga ungkapan sekali lewat yang ternyata menarik untuk dikutip. Misalnya yang ini.

“Kalau kau tidak memakai atau menggunakan barang itu selama enam bulan, kau tidak membutuhkannya.”
Halaman 68.
#tiba-tiba jadi ingin beberes isi lemari.

 

Cara berbicara dan berpikir Don yang cerdas banyak mengundang senyum.

Salah satu wanita, berumur pertengahan dua puluhan, menjadi fokus perhatian. Aku secara otomatis memperkirakan BMI-nya: 26. Berdasarkan volume dan nada bicaranya, aku menghitung kadar alkohol dalam darahnya 0,1 gram per liter.
Halaman 59
#mana ada orang yang begitu bertemu atau melihat seseorang langsung menghitung BMI nya.

 

Jelas bahwa Graeme Simsion telah sangat berhasil menciptakan tokoh yang berkesan, kisah yang unik, percakapan yang cerdas, dan humor yang luar biasa. Tak heran sebab sang penulis memang memiliki latar pendidikan tinggi S3 di bidang data-modelling, sangat mendukung banyak narasi di dalam novelnya.

Hati-hati, untuk pembaca yang tidak begitu suka dengan percakapan yang panjang berisi jalan pikiran tokoh dan penjabarannya yang serba ilmiah, novel ini bisa terasa bertele-tele. Dan, sebagaimana biasanya novel sekuel, karyanya akan selalu dibandingkan dengan buku pertamanya. Rosie Effect nyatanya memang ratingnya di bawah Rosie Project. Namun apapun yang terjadi, nyatanya novel ini meraih 3 buah penghargaan sekaligus di tahun 2015, yakni Indie Book Awards (shortlisted), Nielsen BookData Booksellers Choice Award (shortlisted), dan Australian Book Industry General Fiction Award (shortlisted).

 

Siapa Graeme Simsion

Graeme Simsion adalah seorang konsultan sistem infromasi yang menulis dua buku dan beberapa karya tulis tentang data-modelling. Simsion pernah memiliki usaha di bidang konsultan bisnis, sebuah bisnis wine, dan Simsion memiliki gelar PhD dari Universitas Melbourne untuk bidang data-modelling.

Novel The Rosie Project memenangkan the 2012 Victorian Premier's Unpublished Manuscript Award. The Rosie Project dipublikasikan di Australia pada Januari 2014, dan telah terjual lebih dari 3,5 juta copy di 40 negara di dunia. The Rosie Project kemudian diangkat menjadi sebuah film oleh Sony Pictures Entertainment. Sekuelnya yang berjudul The Rosie Effect terbit pada 24 September 2014.

Novel ketiga Simsion yang berjudul The Best of Adam Sharp dipublikasikan pada tahun 2016, juga diangkat ke layar lebar. Novel keempat yang berjudul Two Steps Forward merupakan sebuah karya kolaborasi dengan istrinya, Anne Buist, terbit pada tahun 2017.

Penghargaan
The Rosie Effect
·         Indie Book Awards, shortlisted, 2015
·         Nielsen BookData Booksellers Choice Award, shortlisted, 2015
·         Australian Book Industry General Fiction Award, shortlisted, 2015

The Rosie Project
·         International IMPAC Dublin Literary Award, Ireland, longlisted, 2015
·         Australian Book Industry's Book of the Year, Winner, 2014
·         Australian Book Industry's General Fiction Book of the Year, winner, 2014
·         Nielsen BookData Booksellers Choice Award, shortlisted, 2014
·         Best Debut Fiction, Independent Booksellers of Australia Awards, shortlisted, 2014
·         Waverton Good Read Award, United Kingdom, shortlisted, 2014
·         The Indie Awards, shortlisted, 2014
·         Victorian Premier's Award for Best Unpublished Manuscript, Winner, 2012

Penghargaan lainnya
·         Doctor of Communication Honoris Causa - RMIT
·         The Age Short Story Award 2012 – second with his story Three Encounters with the Physical
·         Stringybark Seven Deadly Sins Award 2012 second with his story Eulogy for a Sinner
·         Stringybark Short Story Award 2012 three Highly Commended stories that appear in the book The Road Home
·         Twisted Stringybark Award 2012 two Highly Commended stories that appear in the book Tainted Innocence
·         Stringybark Flash Fiction Award 2012 one Highly Commended story, Cutting that appears in the book Behind the Wattles
·         Fellowship of Australian Writers Jennifer Burbidge Award 2007 one Highly Commended story, The Klara Project – Phase 1 that appears in the book The Enveloope Please 2007

Publikasi
Novel
·         Two Steps Forward, 2017.
·         The Best of Adam Sharp, 2016
·         The Rosie Effect, 2014
·         The Rosie Project, 2012

Short Stories
·         Intervention on the Number 3 Tram, Review of Australian Fiction
·         Like It Was Yesterday, Review of Australian Fiction, 2015.
·         The Life and Times of Greasy Joe, The Big Issue, 2015.
·         A Visit to the Other Side, Conde Nast Traveller, 2013.
·         Three Encounters with the Physical, The Age Short Story Award, 2013.
·         Cutting, Behind the Wattles, 2012.
·         Eulogy for a Sinner, Seven Deadly Sins, 2012
·         A Confession in Three Parts, The Road Home, 2012.
·         Savoir Faire, The Road Home, 2012.
·         Natural Selection, The Road Home, 2012.
·         A Short Submission to the Coroner, Tainted Innocence, 2012.
·         GSOH, Tainted Innocence, 2012.
·         The Klara Project Phase 1, The Envelope Please, 2007. Technical
·         Simsion, Milton and Shanks: "Data Modeling: Description or Design?" Information and Management, May 2012.
·         "Data Modelling: Theory and Practice" by Graeme Simsion, 2007, Technics Publications.
·         "Data Modelling Essentials" by Graeme Simsion & Graham Witt, 2004 3rd ed, Morgan Kaufmann, San Francisco.
·         Moody, D and Simsion, G: "Justifying Investment in Information Resource Management", Australian Journal of Information Systems, September 1995.
·         "A Structured Approach to Data Modelling", Australian Computer Journal, August,1989.
·         Simsion, G.C and Symington, J.A: "A Comparison of Network and Relational Database Architectures in a Commercial Environment", Australian Computer Journal, November 1981.

Short Films and Plays
·         Thought Tracker, Producer, Premiere: Westside Shorts, 2013
·         Decisions, Writer-Producer, Premiere: Westside Shorts, 2012
·         The Prince, Writer-Producer, Premiere: Westside Shorts, 2012
·         The Perfect Gift, Writer-Producer, 2012
·         Reason for Living, Producer-Director, 2012
·         Push Up, Writer-Producer, 2010
·         The Last Bottle, Writer-Producer, 2010
·         Transformation, Writer-Producer, 2010
·         Red Porsche, Writer-Producer, 2009
·         Turning Back the Clocks, Writer-Producer 2009
·         Prisoner's Dilemma, Writer, 2008
·         Hot Water, Writer, 2008
·         Key Change, Writer-Producer, 2008

Novel The Rosie Effect mendapatkan rating 3.57 di Goodreads dan 4.2 di situs Amazon.

 

Rekomendasi
Novel ini saya rekomendasikan kepada pembaca dewasa yang menyukai novel romance yang unik tokohnya, dengan percakapan yang cerdas dan lucu. Selain drama cinta Don dan Rosie yang manis, nilai kesetiaan dalam persahabatan juga terasa di novel ini.

My Rating : 4/5

 

  

Review Buku A Little Book of Ikigai - Ke…

26-11-2018 Hits:117 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : A Little Book of Ikigai – The Essential Japanese Way to Finding Your Purpose in Life Penulis : Ken Mogi Jenis Buku : Non Fiksi Penerbit : Quercus Publishing Tahun Terbit : Agustus 2017 Jumlah Halaman...

Read more

Review Buku Jalan Masih Panjang (Long Wa…

04-11-2018 Hits:295 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Jalan Masih Panjang - Long Way Down Penulis : Jason Reynolds Jenis Buku : Young Adult – Puisi - Fiksi Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : 2018 Jumlah Halaman :  320 halaman Dimensi Buku...

Read more

Sebuah Review untuk Streetcoffee Blitar

21-10-2018 Hits:343 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Ini bukan kali pertama saya menggenal brand kopi Streetcoffee Blitar. Sekitar 2 tahun lalu saya juga sudah mencicipi kopi-kopi produksi Streetcoffee Blitar dalam beberapa varian.     Jadi, ketika Oktober tahun ini saya...

Read more

Review Buku The Underground Railroad - C…

19-10-2018 Hits:326 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : The Underground Railroad Penulis : Colson Whitehead Alih Bahasa : Airien Kusumawardani Disain Sampul : Erson Jenis Buku : Fiksi Sejarah / Fiksi Sastra Penerbit : Elex Media Computindo Tahun Terbit : 2018 Jumlah Halaman :  344...

Read more

Review Buku Kisah-Kisah dari Negeri Penu…

17-10-2018 Hits:267 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Kisah-Kisah dari Negeri Penuh Bahaya Tales From The Perilous Realm Penulis : J.R.R Tolkien Jenis Buku : Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : 2015 Jumlah Halaman :  464 halaman Dimensi Buku :  20 cm Harga :...

Read more

Review Buku The Rosie Effect - Graeme Si…

10-10-2018 Hits:542 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : The Rosie Effect Penulis : Graeme Simsion Jenis Buku : Non Fiksi – Romance Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : Januari 2018 Jumlah Halaman :  464 halaman Dimensi Buku :  13.5 x 20 cm Harga...

Read more

Owsa, Hijab Nyaman dan Trendi

04-10-2018 Hits:465 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Ini judul sejujurnya ga muluk-muluk. Believe it or not, untuk urusan hijab, saya merasa diri saya sebagai seseorang yang cukup konservatif, bahkan bisa dibilang kurang up date. Mungkin juga karena secara karakter...

Read more

Review Buku My Absolute Darling - Gabrie…

01-10-2018 Hits:505 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : My Absolute Darling Penulis : Gabriel Talent Jenis Buku : Novel thriller - fiksi Penerbit : Riverhead Books Tahun Terbit : Agustus 2017 Jumlah Halaman :  432chalaman Dimensi Buku : 22.86 x 16.00 x 3.56 cm Harga...

Read more

Review Buku Who Says You Can't Do? You D…

24-09-2018 Hits:522 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Who Say You Cant Do? You Do Penulis : Daniel Chidiac Jenis Buku : Non Fiksi – Self Improvement Penerbit : Harmony Tahun Terbit : Januari 2018 Jumlah Halaman :  368 halaman Dimensi Buku :  20.32 x...

Read more