Translate - Language

id Indonesian zh-CN Chinese (Simplified) nl Dutch en English tl Filipino fr French de German it Italian ja Japanese ko Korean ms Malay th Thai

6 Tips Memelihara Hewan di Rumah - Indonesia Kemarin B Radio Bandung 95,6 FM

Published: Sunday, 01 October 2017 Written by Dipi

 

 

Halo teman-teman, selamat malam. Apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat dan berbahagia serta semangat menyambut esok Senin ya. Apalagi buat yang kemarin merayakan tahun baru Islam. Momen tahun baru bisa kita jadikan salah satu pemacu semangat untuk makin baik dan makin sukses lagi ke depannya. Mungkin dengan cara lebih menjaga silaturahmi dengan keluarga dan sahabat, lebih fokus dan komitmen terhadap pekerjaan, serta lebih peduli pada hewan kesayangan.

 

Nah, poin terakhir ini teman-teman, tentang hewan kesayangan, kadang terlupakan ya sama kita. Mungkin karena tidak semua kita punya hobi memelihara hewan. Tapi yang suka hewan peliharaan tentu juga banyak. Mulai dari kucing, anjing, ikan, sampai ular. Tak peduli apa jenis hewannya, jika itu sudah kita pilih untuk pelihara, maka sudah menjadi tanggung jawab kita untuk mengurusnya dengan penuh kasih sayang.

 

Saya sendiri punya cerita lucu tentang kucing. Saya memelihara kucing di rumah, padahal saya dan suami waktu itu harus pergi bekerja seharian. Jadi si kucing tentu tinggal di rumah sendirian. Yaaa.. terpaksa dikunci rumahnya karena kalau si kucing dibiarkan di luar kan justru kasihan. Mungkin nanti kelaparan, atau malah hilang. Nah, suatu ketika saya pergi bekerja dan pulang ke rumah baru malam hari karena ada lembur. Waktu saya buka pintu, kunci sudah diputar, tapi kok pintu tidak bisa dibuka. Rupanya selot kunci di bagian dalam terpasang. Hati langsung deg deg an dong. Ada orang lain kah di rumah yang menyelot pintu? Tapi siapa? Rasanya tidak mungkin. Dicoba panggil-panggil juga tidak ada yang menyahut.

Akhirnya saya menghubungi sekuriti di perumahan untuk mendobrak rumah. Dan begitu pintu didobrak, dan rumah diperiksa, memang tidak ada orang. Yang ada cuma doremi, kucing kesayangan saya yang lucu tapi suka iseng. Setelah ditilik-tilik ternyata yang nyelot pintu memang doremi. Selotnya kebetulan ada di bagian bawah pintu. Mungkin dimain-mainkan pakai kaki depannya dan akhirnya selot terpasang. :D. Kalau teringat ini saya jadi tertawa karena membayangkan betapa konyolnya situasi saya yang tidak bisa masuk ke rumah, sampai minta tolong sekuriti mendobrak pintu karena ulah si kucing.

 

Teman-teman punya hewan peliharaan juga kah? Atau punya teman dan keluarga yang punya cerita lucu tentang hewan kesayangan? Yuk share pengalamanmu di sini ya.

 

Banyak artis dan penyanyi tahun 80-90an yang juga senang memelihara hewan. Salah satunya penyanyi Elsa Sigar Rustadi, keponakan dari Paramitha Rusadi, yang ternyata hewan peliharaannya adalah ular piton. Ga nyangka ya penyanyi secantik Elsa memelihara jenis hewan yang untuk sebagian besar dari kita justru dianggap menakutkan. Mungkin ini kembali pada kesukaan.

Ada yang suka anjing karena katanya anjing makhluk pintar, lucu, dan setia. Ada juga yang pelihara burung karena senang mendengar kicauannya di pagi hari. Belum lagi ada kontes burung yang pemenangnya katanya bisa mendapat jutaan rupiah. Kalau memelihara monyet, teman-teman ada yang suka ga? Sepertinya perlu ijin khusus ya kalau pelihara hewan jenis ini.

 

Ngomong-ngomong soal memelihara hewan nih teman-teman, saya ada beberapa tips tentang cara memelihara hewan di rumah. Yuk silakan disimak, siapa tau bisa bermanfaat.

  1. Tentukan hewan apa yang ingin anda pelihara. Pertimbangannya bisa dari kesukaan, kemudahan perawatan, sampai anggaran pemeliharaan hewan yang bersangkutan.
  2. Beri makan hewan peliharaan setiap hari. Karena walupun sudah jinak dan bersahabat dengan manusia insting alami hewan masih ada sehingga jika tidak kita beri makan maka hewan akan mencari makanan sendiri dan ini membuatnya menjadi liar dan tidak betah di rumah. Dan ada juga hewan yang biasa dipelihara jadi tidak mampu mencari makan sendiri sehingga akhirnya memilih lapar.
  3. Perhatikan kebersihan hewan peliharaan, jangan sampai hewan peliharaan kita kotor dan bisa terserang penyakit. Untuk beberapa jenis hewan bisa kita mandikan sendiri atau menggunakan jasa petshop.
  4. Berilah kasih sayang pada hewan, dengan memberikan kasih sayang pada hewan juga akan membuat hewan tersebut semakin akrab dengan kita.
  5. Untuk yang memihara anjing, ajaklah hewan peliharaan jalan jalan atau keluar rumah, dengan demikian hewan peliharaan kita tidak penasaran dengan dunia luar dan ini memungkinkan hewan kita tidak akan tersesat jika keluar atau lepas dari rumah.
  6. Berlaku lembutlah kepada hewan peliharaan kita.

 

Memelihara hewan memang kadang menambah kerepotan kita sehari-hari ya. Tapi bagi yang suka justru sebenarnya memelihara hewan itu mendatangkan kebahagiaan dan kedamaian sendiri di dalam hati. Belum lagi kalau hewannya bisa sampai manja dan penurut pada kita. Kalau kita pergi biasanya anjing dan kucing suka sampai ikut mengantar sampai gerbang rumah, dan ketika pulang mereka juga salah satu yang antusias menyambut kita begitu tiba. Wah hati rasanya jadi hangat kalau mengingat itu semua.

 

Ada sebuah quotes dari Mahatma Gandi tentang hewan yang berbunyi The greatness of a nation and its moral progress can be judged by the way its animal treated. Ternyata menurut Mahatma Gandi perlakuan kita pada hewan adalah satu indikator moral dan kejayaan suatu bangsa. Semoga Indonesia bisa seperti itu ya, mengingat bangsa kita kaya akan keragaman hewannya.

 

# Materi ini telah disampaikan oleh penyiar Sofia Rubianto dalam acara Indonesia Kemarin di B Radio Bandung 95,6 FM

 

0
0
0
s2sdefault

Add comment


Security code
Refresh

Sponsored Post, Job Review, Special Request, Postingan Lomba

Review Buku Finding Audrey - Sophie Kins…

31-01-2018 Hits:292 Features Dipi - avatar Dipi

Judul : Finding Audrey Penulis : Sophie Kinsella Jenis Buku : Novel Remaja (Young Adult) Penerbit : Ember Tahun Terbit : 2015 Jumlah Halaman :  304 halaman Dimensi Buku :  20.83 x 13.97 x 1.52 cm Harga...

Read more

Meraih Kebahagiaan Sejati dengan Jalani …

24-01-2018 Hits:467 Features Dipi - avatar Dipi

  Judul : Jalani Nikmati Syukuri Penulis : Dwi Suwiknyo Jenis Buku : Non Fiksi (Agama dan Spiritual) Penerbit : Noktah (DIVA Press) Tahun Terbit : Cetakan pertama, 2018 Jumlah Halaman :  260 halaman Dimensi Buku : ...

Read more

Review Buku Lincoln in The Bardo - Georg…

16-01-2018 Hits:389 Features Dipi - avatar Dipi

Judul : Lincoln in The Bardo Penulis : George Saunders Jenis Buku : Novel Penerbit : Random House Tahun Terbit : 2017 Jumlah Halaman :  368 halaman Harga : Rp. 140.000 Edisi Bahasa Inggris Man Booker Prize Winner Available at...

Read more

Review Buku

Review Buku Revan & Reina - Christa …

15-01-2018 Hits:490 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Revan & Reina "Look, don't leave" Penulis : Christa Bella Jenis Buku : Novel Remaja Penerbit : Penerbit Ikon Tahun Terbit : Juni 2016 Jumlah Halaman :  halaman Dimensi Buku :  130 x 190 mm Harga...

Read more

Review Buku Para Pendosa (Truly Madly Gu…

01-01-2018 Hits:421 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Para Pendosa Judul Asli : Truly Madly Guilty Penulis : Liane Moriarty Jenis Buku : Novel Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : November 2017 Jumlah Halaman :  600 halaman Dimensi Buku :  13,5...

Read more

Review Buku Kisah Hidup A.J. Fikry (The …

27-12-2017 Hits:578 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Kisah Hidup A.J. Fikry Judul Asli : The Storied Life of A.J. Fikry Penulis : Gabrielle Zevin Jenis Buku : Novel Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : Cetakan Pertama 2017 Jumlah Halaman :  280 halaman Dimensi Buku :...

Read more

Cerita Dipidiff

Yuk Yoga dan ngeGym biar "Kencang…

02-02-2018 Hits:203 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Upppsss... apanya ya yang kencang ya? Hahaha. Yah apalagi kalo bukan otot, kulit, lingkar perut, lingkar pinggul, dan bagian-bagian lain yang rentan menggelambir. Maklum lah, habis lahiran wanita pada umumnya...

Read more

Suatu Siang di Wendy's bersama Sahabat

29-01-2018 Hits:232 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Saya masih teringat pada satu lirik lagu yang nge-hits sekali di jamannya, yakni "persahabatan bagai kepompong, mengubah ulat menjadi kupu-kupu." Lirik ini banyak disetujui orang-orang karena kebenarannya, dan saya akui...

Read more

J.CO Jatinangor Town Square : Duduk Menu…

11-10-2017 Hits:1115 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Book blogger juga manusia, yang terkadang tidak ada ide menulis, hilang fokus, pikiran lelah, serta kurang nafsu makan (padahal tadi sarapan sebakul 😅). Teman-teman pernah merasakan keadaan yang seperti itu...

Read more