Translate - Language

id Indonesian zh-CN Chinese (Simplified) nl Dutch en English tl Filipino fr French de German it Italian ja Japanese ko Korean ms Malay th Thai

Review Buku Revan & Reina - Christa Bella

Published: Monday, 15 January 2018 Written by Dipi

 

Judul : Revan & Reina "Look, don't leave"

Penulis : Christa Bella

Jenis Buku : Novel Remaja

Penerbit : Penerbit Ikon

Tahun Terbit : Juni 2016

Jumlah Halaman :  halaman

Dimensi Buku :  130 x 190 mm

Harga : Rp. 69.500

 

Wattpad's Popular

 

 

Sekelumit Tentang Isi

Pacar Reina usianya lebih muda darinya. Tapi siapa bilang pihak laki-laki tidak boleh usianya lebih muda. Setidaknya Revan selalu ada buat Reina. Revan juga kocak meski kadang-kadang menyebalkan. Tapi, justru Reina lah yang menurut Revan bisa membuatnya merasa nyaman dan menjadikan hidupnya terasa lengkap.

Masalahnya Reina punya masa lalu dengan Ian yang belum selesai. Ian yang kini pulang ke Indonesia mengontak Reina dan mengajak ketemuan. Revan jadi gamang tapi juga tak mampu berbuat apapun. Baginya kebahagiaan Reina pada akhirnya adalah segalanya.

Sebaliknya Reina juga tahu kalau ada adik kelas yang menyukai Revan. Dira sering dibantu oleh Revan di berbagai situasi. Meski percaya pada perasaan dan kesetiaan Revan, mau tak mau Reina sempat curiga

Dapatkan Revan dan Reina menemukan jalan untuk cinta mereka? Siapakah yang Reina pilih? Bagaimana dengan Ian dan Dira yang perlahan masuk dalam kehidupan mereka masing-masing?

 

Seputar Fisik Buku dan Disainnya

Picture : disain cover buku

Cover edisi movienya lebih eye-catching ya menurut saya. Mungkin karena pengaruh para aktor pemerannya yang tampan dan lucu-lucu 😅. Kebetulan saya punya satu buku edisi biasa dan satu lagi yang edisi cover movie.  

Picture : Perbandingan disain cover buku Revan & Reina edisi biasa dan edisi movie

 

Bagian yang paling saya suka dari buku ini adalah adanya ilustrasi yang menarik di tiap awal babnya. Terdapat juga ilustrasi gambar di halaman depan dan halaman paling belakang. Meskipun tak begitu jelas hubungannya dengan cerita tapi tampaknya ini menampilkan latar kota besar dimana cerita Revan& Reina dikisahkan.

 

Tokoh dan Karakter

Reina adalah gadis cantik, mahasiswi, sifatnya cukup dewasa, dan setia. Revan jelas lebih kekanak-kanakan, tapi ia mencintai Reina dengan tulus, setia, humoris, meski sedikit egois. Lalu ada Dira, adik kelas Revan yang jadi suka padanya gara-gara sering dibantu oleh Revan. Fisik Dira lemah, tapi ia selalu berusaha tegar menghadapi masalah dalam hidupnya. Ian, laki-laki yang dulu pernah Reina sukai, juga laki-laki yang baik, tapi ia banyak pertimbangan, ragu-ragu, dan kemudian dibayang-bayangi oleh penyesalannya sendiri.

 

Alur dan Latar

Cerita Revan & Reina beralur campuran, sesekali ketika kita sedang menikmati alur maju, kita kadang dibawa ke masa lampau saat Revan dan Reina masih kecil, atau saat Reina pertama kali bertemu Ian. Alur campuran ini membuat kisah menjadi tidak monoton, perpindahan alurnya jelas dan tidak membingungkan pembaca.

 

Yang menarik dan atau disuka dari Buku ini

Begitu saya membuka buku ini tampak tulisan yang unik sekali. Baru kali ini saya menjumpainya di buku yang saya baca, dengan redaksi kalimat yang menggelitik. Gara-gara halaman ini rasanya buku ini bisa dijadikan kado buat gebetan atau kode buat calon pasangan :D.

Picture : Tulisan yang unik di halaman depan buku.

 

Buku Revan & Reina membuat kita teringat pada banyak adegan tipikal cerita cinta remaja, baik versi buku maupun film. Besar harapan di karya berikutnya Christa Bella bisa menulis kembali sebuah novel dengan ide dan gaya yang lebih segar.

Tiba-tiba, seorang siswa yang sedang terburu-buru menabrak bahu Dira dengan sangat keras. Hal ini membuat tubuh gadis itu terhempas ke lantai dan buku-buku yang ia bawa pun berserakan. Refleks, Revan mengulurkan tangan untuk membantu Dira berdiri.

# Rasanya adegan buku jatuh ini sering sekali kita temukan di banyak buku maupun film remaja.

 

Meski konflik dan ceritanya bisa dibilang klise, tapi cara penulis mengemas percakapan-percakapannya terasa segar, disana-sini terselip lelucon khas remaja kota, sehingga membaca novel ini terasa sangat menghibur.

"Bang Rey, Nana nggak ada di rumah, ya?" tanya Revan pada Reynald sambil membatu mengelap bodi depan mobil yang masih basah dengan ujung baju kausnya sendiri.

"Pergi ke pesta temennya. Kenapa Van?"

"Enggak, mau ngambil kaset porno yang minggu lalu Nana pinjam."

Reynald yang sedang menggenggam selang air pun melotot tajam ke arah Revan. Revan langsung menyambut dengan wajah cengengesan.

Halaman 7

 

Bahasanya yang digunakan ceplas-ceplos, khas remaja kota, dengan segala keceriaan dan gaya mereka yang mengikuti jaman. Sisi positifnya, memang ini lah potret bahasa sebagian besar remaja kota besar, dengan menggunakan gaya bahasa ini cerita Revan dan Reina terasa nyata dan tepat adanya. Tapi di sisi lain, gaya bahasa seperti ini mungkin terasa mengganggu untuk pembaca yang terbiasa dengan gaya bahasa yang lebih santun dan halus.

Reina tertawa terbahak-bahak selepas pelayan itu pergi. "Anjrit! Kalo ngomong dipikir-pikir dulu kenapa, Van? Malu-maluin banget!". 

Halaman 18

 

Alur cerita yang cenderung cepat berganti di satu sisi akan cocok dengan gaya menyimak generasi remaja pada umumnya. Tak bertele-tele. Namun untuk pembaca yang menyukai sentuhan emosi yang lebih dalam serta deskripsi yang lebih detail, baik deskripsi fisik, latar, maupun perasaan, novel Revan dan Reina terasa kurang memenuhi ekspektasi. Ada beberapa adegan yang masih bisa dikembangkan dan digali lebih dalam sehingga dapat memainkan emosi pembaca dengan lebih baik.

Bagaimanapun juga buku Revan & Reina memiliki banyak pesan yang positif. Pesan-pesan seperti ini membuat buku ini menjadi buku yang bernilai untuk dibaca karena tak hanya melulu tentang candaan dan percintaan kosong.

Melalui bagian ini, kita bisa belajar cara menghargai satu sama lain dan tidak bersikap egois. Meminta maaf dan memaafkan adalah salah satu bukti kedewasaan dan kasih sayang yang tulus.

"Maaf ya, Na. Waktu itu gue kayak anak kecil banget, ya?"

"Kita sama-sama kayak anak kecil," kata Reina meralat ucapan Revan. "Gitu doang diribetin," lanjutnya. "Gue juga minta maaf kalo ada omongan gue yang menyinggung perasaan lo. Gue bener-bener minta maaf, gue nggak sengaja."

Halaman 57

 

Bagian yang ini memberikan kita wawasan tentang sikap dewasa dalam hubungan, menerima kekurangan pasangan, serta berfokus pada hal-hal positif yang bisa dicapai bersama.

Meskipun Reina membenci beberapa hal-hal yang Revan sukai, nyatanya masih ada banyak hal lain yang menyenangkan untuk mereka ulas. Reina pikir melakukan hal-hal lain yang menyenangkan itu lebih baik ketimbang selalu meributkan banyak perbedaan yang ada di antara mereka.

Halaman 84

 

Dan bagian yang ini, membuka wawasan kita pada perspektif manusia yang tidak selamanya sama. Tidak ada gunanya menganggap rendah, menilai, dan melemparkan semua kesalahan pada orang lain. Kita pun tentu punya andil.

"Kalo dilihat dari perspektif dia, wajar aja dia sempet merasa head over heels karena diperhatiin sama lo. Dan, kalo gue ada di posisi dia, gue pikir mungkin gue juga akan merasa seperti itu. Apalagi bukan sekali dua kali aja lo terkesan kayak lagi approach dia. Masalahnya justru adalah dia jadi salah sangka karena lo salah langkah."

Halaman 253

 

Pada akhirnya, kisah Revan & Reina mengajarkan kita sesuatu yang penting, yakni bahwa, 

Cinta itu sebenarnya sederhana. Namun, seringkali manusia selalu mengubahnya menjadi sesuatu yang rumit.

Halaman 276

 

Karya Christa Bella termasuk rapi dan cukup proporsional. Narasinya yang segar dan penuh humor tak pelak lagi membuatnya pantas mendapatkan predikat cerita yang telah dibaca 4 juta kali di Wattpad. Dengan menimbang banyaknya penulis muda yang sukses lewat karya mereka di sana, salah satunya buku Friend Zone karya Vanesa Marcella yang berpredikat “dibaca lebih dari 7,5 juta kali”, Revan & Reina berpeluang besar untuk lebih daripada itu karena kualitas narasi dan unsur-unsur ceritanya yang lebih baik.

Secara keseluruhan novel Revan & Reina jauh lebih baik daripada Cherry Blossom yang ditulis juga oleh Christa Bella. Tak heran novel Revan & Reina diangkat menjadi film dan akan segera tayang di teater-teater di Indonesia. Dengan makin banyaknya karya yang Christa Bella hasilkan, tentu akan makin baik pula kualitas novel yang ia tulis, tak menutup kemungkinan buku-buku Christa Bella berikutnya dapat menjadi buku-buku bergenre remaja yang patut diperhitungkan di ajang award bergengsi para penulis Indonesia.

 

Siapa Christa Bella

Christa Bella penulis muda kelahiran 21 September 1996, lebih dulu sudah terkenal melalui tulisan-tulisannya yang telah dibaca jutaan kali di Wattpad melalui akun @bellawrites. Karya-karya yang diterbitkan di akun degan 45,5 ribu follower tersebut antara lain, Cherry Blossom, L'Eternite et Apres, Flummoxed, dan Toxic.

 

Rekomendasi

Buku ini saya rekomendasikan kepada pembaca usia remaja terutama karena banyaknya pesan positif yang bisa diambil dari cerita Revan dan Reina. Narasinya yang segar dan lucu sesuai dengan gaya pembaca remaja saat ini. Buku ini bahkan juga menghibur untuk pembaca dewasa. Melalui Revan dan Reina, kita bisa berkilasbalik ke masa-masa dahulu, bahkan merefleksikan kembali beberapa episode kehidupan cinta kita, dan tak menutup kemungkinan memberikan wawasan dan kedewasaan berpikir yang mungkin luput hingga saat ini. Alur ceritanya sederhana, dengan konflik yang tidak bikin pusing kepala.

 

My Rating : 3/5

 

Catatan : Versi singkat review ini diikutsertakan ke lomba review buku Revan & Reina yang diadakan oleh Penerbit Ikon bulan Januari 2018 dan lolos hingga tahap seleksi 1.

 

 

0
0
0
s2sdefault

Add comment


Security code
Refresh

Sponsored Post, Job Review, Special Request, Postingan Lomba

Review Buku Finding Audrey - Sophie Kins…

31-01-2018 Hits:319 Features Dipi - avatar Dipi

Judul : Finding Audrey Penulis : Sophie Kinsella Jenis Buku : Novel Remaja (Young Adult) Penerbit : Ember Tahun Terbit : 2015 Jumlah Halaman :  304 halaman Dimensi Buku :  20.83 x 13.97 x 1.52 cm Harga...

Read more

Meraih Kebahagiaan Sejati dengan Jalani …

24-01-2018 Hits:502 Features Dipi - avatar Dipi

  Judul : Jalani Nikmati Syukuri Penulis : Dwi Suwiknyo Jenis Buku : Non Fiksi (Agama dan Spiritual) Penerbit : Noktah (DIVA Press) Tahun Terbit : Cetakan pertama, 2018 Jumlah Halaman :  260 halaman Dimensi Buku : ...

Read more

Review Buku Lincoln in The Bardo - Georg…

16-01-2018 Hits:411 Features Dipi - avatar Dipi

Judul : Lincoln in The Bardo Penulis : George Saunders Jenis Buku : Novel Penerbit : Random House Tahun Terbit : 2017 Jumlah Halaman :  368 halaman Harga : Rp. 140.000 Edisi Bahasa Inggris Man Booker Prize Winner Available at...

Read more

Review Buku

Review Buku Revan & Reina - Christa …

15-01-2018 Hits:537 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Revan & Reina "Look, don't leave" Penulis : Christa Bella Jenis Buku : Novel Remaja Penerbit : Penerbit Ikon Tahun Terbit : Juni 2016 Jumlah Halaman :  halaman Dimensi Buku :  130 x 190 mm Harga...

Read more

Review Buku Para Pendosa (Truly Madly Gu…

01-01-2018 Hits:448 Review Buku Dipi - avatar Dipi

Judul : Para Pendosa Judul Asli : Truly Madly Guilty Penulis : Liane Moriarty Jenis Buku : Novel Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : November 2017 Jumlah Halaman :  600 halaman Dimensi Buku :  13,5...

Read more

Review Buku Kisah Hidup A.J. Fikry (The …

27-12-2017 Hits:601 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Kisah Hidup A.J. Fikry Judul Asli : The Storied Life of A.J. Fikry Penulis : Gabrielle Zevin Jenis Buku : Novel Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : Cetakan Pertama 2017 Jumlah Halaman :  280 halaman Dimensi Buku :...

Read more

Cerita Dipidiff

Yuk Yoga dan ngeGym biar "Kencang…

02-02-2018 Hits:227 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Upppsss... apanya ya yang kencang ya? Hahaha. Yah apalagi kalo bukan otot, kulit, lingkar perut, lingkar pinggul, dan bagian-bagian lain yang rentan menggelambir. Maklum lah, habis lahiran wanita pada umumnya...

Read more

Suatu Siang di Wendy's bersama Sahabat

29-01-2018 Hits:257 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Saya masih teringat pada satu lirik lagu yang nge-hits sekali di jamannya, yakni "persahabatan bagai kepompong, mengubah ulat menjadi kupu-kupu." Lirik ini banyak disetujui orang-orang karena kebenarannya, dan saya akui...

Read more

J.CO Jatinangor Town Square : Duduk Menu…

11-10-2017 Hits:1143 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Book blogger juga manusia, yang terkadang tidak ada ide menulis, hilang fokus, pikiran lelah, serta kurang nafsu makan (padahal tadi sarapan sebakul 😅). Teman-teman pernah merasakan keadaan yang seperti itu...

Read more