Translate - Language

id Indonesian zh-CN Chinese (Simplified) nl Dutch en English tl Filipino fr French de German it Italian ja Japanese ko Korean ms Malay th Thai

Review Buku Option B - Sheryl Sandberg

Published: Monday, 31 July 2017 Written by Dipi

REQUESTED POST

Judul : Option B

Penulis : Sheryl Sandberg

Genre : Non Fiksi - Self Development

Penerbit : Ebury Publishing

Edisi : Pertama Tahun 2017

Jumlah Halaman : 240 halaman

Dimensi Buku : 13,4 x 21,5 x 2 cm

Berat : 0,26 kg

Harga : Rp. 240.000

#1 New York Times Best-Selling Authors

Available at PERIPLUS SETIABUDHI BANDUNG BOOKSTORE

 

Sekelumit Tentang Isi Buku

Sheryl dan Dave adalah pasangan yang bahagia. Mereka menikah, memiliki anak, dan kehidupan rumah tangga mereka berjalan dengan harmonis. Lalu Sheryl dan Dave memutuskan untuk berlibur bersama beberapa teman dekat mereka. Anak-anak sementara mereka titipkan pada saudara.

Di suatu hari yang cerah, di masa liburan itu Sheryl terbangun dan mendapati suaminya tidak ada di kamar hotel bersamanya. Awalnya biasa saja, Sheryl tak menduga yang aneh-aneh sampai berjam-jam kemudian Dave tak juga kembali. Semua orang kemudian mencari Dave yang ternyata akhirnya ditemukan dalam keadaan sudah meninggal di ruang gym hotel tempat mereka menginap.

 

Sejak itulah kisah ini di mulai. Kesedihan, keterpurukan, duka yang mendalam, rasa bersalah, bahkan kemarahan, menjadi monster dalam hidup Sheryl. Bagaimana Sheryl bisa melewati masa-masa ini telah ia tuliskan di bukunya OPTION B dengan bimbingan dan dukungan dari psikolognya yaitu Adam Grant. Harapannya sederhana yakni berbagi apa yang telah ia lalui untuk membantu mereka yang juga mengalami peristiwa yang sama dengannya agar bisa kembali "hidup" dan bahagia.

 

Yuk kita intip daftar isi bukunya. 

1. Breathing Again

2. Kicking the elephant out of the room

3. The platinum rule of friendship

4. Self-compassion and self-confidence

5. Bouncing forward

6. Taking back joy

7. Raising resilient kids

8. Finding strength together

9. Failing and learning at work

10. To love and laugh again

 

Fisik Buku

Buku yang tak terlalu tebal ya, cuma 200an halaman. Cukup untuk mencakup seluruh kisah perjuangan Sheryl bangkit dari dukanya yang dalam sepeninggal suaminya. Tak bertele-tele dan juga tak tergesa-gesa, semuanya terasa pas dengan jumlah halanan yang cuma 200 sekian itu. Buku tidak berat-berat amat, ringan saja untuk dibawa kemana-mana, cuma 0,26 kilo, dan tidak terlalu makan tempat juga meski ukurannya memang lebih besar sedikit dari ukuran novel.

 

Gara-gara cover bukunya yang berdisain putih bersih, maka perhatian saya lagi-lagi sebenarnya tak begitu tertarik pada buku ini andai saja tak terbaca tulisan #1 New York Times Bestselling Author, sub judul "Facing adversity, building resilience, finding joy," dan nama Adam Grant di sampul depannya. Sedangkan nama Sheryl Sandberg sendiri tak pernah saya dengar sebelumnya, meski ternyata ia adalah saudara dekat dari Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook yang terkenal itu.

 

Mungkin pemilihan cover sederhana tersebut disebabkan oleh pertimbangan bahwa Option B adalah buku non fiksi meski isi bukunya jelas bergaya narasi mirip jalan cerita sebuah novel. Kalau covernya meriah sedikit saja, mungkin saya justru akan bingung dengan pilihan cover yang demikian.

 

Opini

Hal pertama yang membuat saya tertarik pada buku ini adalah adanya testimoni dari Malala Yousafzai. Kalian tentu kenal Malala kan ya? Dia adalah gadis yang ditembak Taliban tepat di kepala karena menolak aturan Taliban dalam "melarang perempuan mengenyam pendidikan". Malala selamat setelah melalui pengobatan dan pemulihan luar biasa dari luka tembak di kepalanya.

Malala merekomendasikan buku ini untuk semua orang di dunia, karena tidak ada manusia yang tidak mengalami kehilangan dan kesedihan dalam hidupnya. Jadi jalan terbaik untuk menghadapi semua itu adalah dengan menemukan OPTION B dalam kehidupan. Jika Malala yang kisah hidupnya penuh tragedi memberikan rekomendasi penuh, maka saya tentu jadi bertanya-tanya seberapa menarik dan manfaatnya buku Option B ini.

 

Hal lain yang saya temukan adalah tentang fakta pendukung. Seringkali buku non fiksi, apalagi yang gayanya narasi seperti ini lemah di fakta pendukung. Tapi Option B ternyata berbeda. Begitu saya sampai pada halaman akhir, terdapat daftar pustaka atau referensi yang jumlahnya ratusan, mulai dari jurnal ilmiah sampai buku-buku literatur.

Di sinilah letak keunikan buku Option B. Pada dasarnya ini buku ilmiah yang non fiksi banget. Tapi kita tidak akan merasa seperti sedang membaca tulisan yang kaku serta dipenuhi oleh kalimat-kalimat yang sulit dipahami khas sebuah tulisan bereferensi ratusan jurnal ilmiah misalnya. Yang saya rasakan sepenuhnya adalah larut dalam kisah hidup Sheryl Sandberg.

 

Saya juga suka pada janji pernikahan Sheryl dan Dave, mereka pasangan yang romantis dan saling melengkapi, maka ketika Sheryl menceritakan bagaimana hidup pernikahan sebelum dan setelah Dave tiada, saya rasanya turut berduka dan terharu di tiap bagian ceritanya. Di bawah ini saya tuliskan janji pernikahan mereka yang saya sebutkan tadi.

 

I take you to be mine in love.

I promise to love you deliberately each day,

to feel your joy and your sorrow as my own.

Together, we will build a home filled with honor and honesty,

comfort and compassion, learning and love.

 

I take you to be mine in friendship.

I vow to celebrate all that you are,

to help you to become the person you aspire to be.

From this day forward, your dreams are my dreams and 

I dedicate myself to helping you fulfill the promise of your life.

 

I take you to be mine in faith.

I believe that our commitment to each other will last a lifetime,

that with you, my soul is complete.

Knowing who I am and who I want to be,

on this day of our marriage,

I give you my heart to be forever united with yours.

(halaman 157)

 

Membaca semua itu membuat saya sedih mengingat mereka telah kehilangan satu sama lain, serta pula sedih bercampur haru pada janji pernikahan yang begitu dalam dan suci.

 

Menyimak penuturan Sheryl membuat saya juga berpikir tentang beberapa hal baru, salah satunya bagaimana seharusnya kita bersikap pada mereka yang tengah berduka. Umumnya kita akan berkata, "I am so sorry", "Saya turut berduka cita," ,"Saya tau rasanya seperti apa, tetap tabah oke," dan hal-hal serupa itu. Tapi ternyata menurut Sheryl kalimat-kalimat penghiburan seperti itu justru kadang membuat yang sedang berduka lebih merasa tertekan atau bahkan marah.

Ada kalimat yang lain yang menurut Sheryl lebih tepat dikatakan pada momen-momen seperti itu. Juga ada action lain yang lebih perlu dilakukan oleh orang-orang ketika menjumpai situasi tersebut menimpa pada diri orang-orang terdekat mereka. Semua ini Sheryl ceritakan di bab dua, Kicking The Elephant Out of The Room.

 

Tentu saja bab favorit saya ada di bagian terakhir, yakni bab To Love and Laugh Again. Pada bab ini, Sheryl mereview ulang kisahnya dan menyimpulkan hikmah yang didapat, serta menceritakan dengan gamblang bagaimana ia akhirnya bisa memulai hidup baru setelah suaminya meninggal. "Awalnya terasa seperti pengkhianatan kepada Dave, karena kini aku bisa tertawa, berbahagia, dan bahkan mulai berkencan lagi," kata Sheryl. Tapi Sheryl tau hidup harus berlanjut, dan itu bukan karena ia berhenti mencintai dan telah melupakan Dave tercintanya.

 

Memang benar bahwa tidak seluruh bagian dari buku bisa saya terima karena Sheryl cukup banyak melihat situasinya dari sudut pandang kebebasan ala western dan kepercayaan dalam agama Yahudi. Tapi poin-poin yang baiknya juga cukup banyak yang bisa saya petik dan dijadikan wawasan dalam pikiran saya.



Karena detail uraiannya yang mendalam, buku ini dapat membantu kita untuk melewati masa-masa penderitaan karena kehilangan orang yang kita cintai, kegagalan dalam karir, trauma pelecehan seksual dan bencana alam, bahkan kekerasan dalam peperangan. Selain itu kita pun dapat menggunakan apa yang kita peroleh dalam buku ini untuk membantu orang lain melewati masa-masa kritis psikis mereka.

 

Rekomendasi

Saya rekomendasikan buku ini untuk kalian yang menyukai buku psikologi, buku pengembangan diri, atau mereka yang membutuhkan buku yang dapat membantu mereka menyikapi masa-masa sulit, sedih, atau menderita, entah itu karena kematian orang terdekat, trauma pasca bencana alam, bahkan kekerasan seksual. Mungkin dengan membaca buku ini kita bisa "love and laugh again" seperti yang Sheryl alami.

 

Sebagai catatan, santai saja ya ketika menyimak beberapa bagian cerita Sheryl juga konsep berpikirnya, no offense, cukup jadikan wawasan jika hal tersebut kurang berkenan di hati kita. 

 

 

0
0
0
s2sdefault

Comments   

0 #9 Erny Binsa 2017-08-09 09:00
Lho jadi ini buku fiksi atau non fiksi? covernya keliatan non fiksi bangeeet!

Aku kalo baca buku berbahasa inggris kadang suka lama mikirnya.... hehehe...

REPLY
tuh kan bingung ya.. saya pun sempat bingung. tapi ini buku non fiksi kok. Tunggu diterbitin bahasa Indonesia aja ya ntar bacanya. Biasanya suka saya kasih info kalo buku terjemahannya sudah terbit di ig @dipithebookblogger
Quote
0 #8 Rifqi Banyol 2017-08-06 00:08
Dari ceritanya sih agaknya cukup menarik?

Tapi sejujurnya saya gak terlalu suka buku yg sedih2. Pengen sih baca yang seneng2 aja gitu, biar kita jadi ikut bahagia. Hehe

REPLY
Berarti Rifqi lbih baik baca buku yg lain yg lebih segar n banyak humornya. Sesuai dgn dirimu yg kocak :)

Quoting Erny Binsa:
Kak ini seriusan harga bukunya sampe 240.000? OMG kok mahal yaaa?

Sejujurnya saya penasaran banget kenapa suaminya bisa menghilang di hotel itu? Dan itu janji pernikahannya romantis bangettt...

Kak tambahin foto bukunya dong.. :D


REPLY
Iya bener, 240rb...ajib yaak. Buku self improvent non fiksi yang edisi bhasa inggris (buku impor) mmg rata2 mahal. Selalu bgitu biasanya.
Suaminya ternyata pergi ke gym... Lalu disana malah terkena serangan, dan kmudian meninggal. Iya, romantis ya puisinya.
Btw, rikuesmu kucatat ya. Nanti di review buku berikutnya saya tambahin dgn foto buku nya.
Quote
0 #7 Rifqi Banyol 2017-08-06 00:00
Dari ceritanya sih agaknya cukup menarik?

Tapi sejujurnya saya gak terlalu suka buku yg sedih2. Pengen sih baca yang seneng2 aja gitu, biar kita jadi ikut bahagia. Hehe
Quote
0 #6 Rifqi Banyol 2017-08-05 23:56
Cukup menarik sih dari ceritanya, dalem bgt agaknya? Tapi ini buku terjemahan atau Inggris ya? Maklumlah Inggrisnya pas2an. Hehe

Tapi sejujurnya saya gak pernah baca buku yg beginian sih, gak pernah yg sedih2 gini, pengen sih baca yg bikin seneng2 aja. Hehe

REPLY
Buku edisi bhs Inggris qi. Buku impor. Gampang cara bacanya... Pake perasaan biar baper.. hahaha.
Quote
0 #5 Nurul prayoga A 2017-08-05 10:48
Janji pernikahannya sweet banget :D

ini buku kayaknya keren. judulnya juga keren Option B. bener bener seperti idup ini yang butuh option B karna kita merasa kehilangan dan pernah.
gue jadi penasaran sama isi bukunya. apalagi jadi best seller di new york times.

jumlah halaman yang dua ratusan emang pas. enggak terlalu panjang. karna adacerita yang sampe panjang halamannya tapi justur jadi terlalu panjang.

REPLY
Menghadapi masa masa kesedihan ya yg kadang sulit. Pdahal kita hrs segera move on demi kebaikan diri kita n org org tercinta. Coba baca deh. Ini buku bagus
Quote
0 #4 CatatanRia 2017-08-05 04:36
Saya suka sm buku non fiksi, kayaknya masukin daftar list utk buku satu ini

REPLY
siap. Masukkan ya. :) Selamat membaca
Quote
0 #3 Meykke Santoso 2017-08-03 08:23
kak Dipi, jadi penasaran kayak apa aja yang kiranya tidak berkenan di hati kita ya...dan emang kayaknya kamu jagonya baca buku non fiksi macam motivasi begini ya..aku sampai baca per kata dari postingan ini.Baca reviewnya aja udah asik apalagi bukunya sendiri ya...dan lagi lagi aku mau menuntaskan baca novel ku dulu tapi nggak pernah punya waktu. Atau mungkin emang nggak pernah meluangkan waktu. HIKS
good review kak, lanjutkaaan :D

REPLY
Yang ga berkenan yg mana tho dek yg kau maksud? Coba dijelasin dulu biar kakak paham. Maklum suka gagal mengerti saya teh... :D
Quote
0 #2 Rahul Syarif 2017-08-02 02:47
Kayaknya buku menarik, berangkat dari tema keterpurukan. Lalu karakter mencoba bangkit. Pengen tau lebih untuk buku ini~

REPLY
Ini buku yg dalemmm. Baperrr. Coba baca ya. Ini buku bagus :)
Quote
0 #1 Erny Binsa 2017-08-02 02:33
Kak ini seriusan harga bukunya sampe 240.000? OMG kok mahal yaaa?

Sejujurnya saya penasaran banget kenapa suaminya bisa menghilang di hotel itu? Dan itu janji pernikahannya romantis bangettt...

Kak tambahin foto bukunya dong.. :D

REPLY
Iya bener, 240rb...ajib yaak. Buku self improvent non fiksi yang edisi bhasa inggris (buku impor) mmg rata2 mahal. Selalu bgitu biasanya.
Suaminya ternyata pergi ke gym... Lalu disana malah terkena serangan, dan kmudian meninggal. Iya, romantis ya puisinya.
Btw, rikuesmu kucatat ya. Nanti di review buku berikutnya saya tambahin dgn foto buku nya.
Quote

Add comment


Security code
Refresh

Sponsored Post, Job Review, Special Request, Postingan Lomba

Kenangan Dongeng Tempo Dulu - Indonesia …

18-11-2017 Hits:88 Features Dipi - avatar Dipi

  Halo teman-teman, apa kabar semuanya? Semoga pada sehat wal afiat ya. Yang mau kerja besok, hari ini bersantai dulu lah sejenak, mengumpulkan energi buat seminggu, biar semangatnya membara dan mudah-mudahan...

Read more

Review Buku The Sun and Her Flowers - Ru…

15-11-2017 Hits:125 Features Dipi - avatar Dipi

  Judul : The Sun and Her Flowers Penulis : Rupi Kaur Jenis Buku : Puisi Penerbit : Andrews McMeel Publishing   Tahun Terbit : 2017 Jumlah Halaman : 256 halaman Dimensi Buku : 19.56 x 12.45 x 2.03 CM Harga : Rp...

Read more

Review Buku The Four Tendencies - Gretch…

02-11-2017 Hits:230 Features Dipi - avatar Dipi

  Judul : The Four Tendencies The Indispensable Personality Profiles That Reveal How to Make Your Life Better (and Other People's Better, too) Penulis : Gretchen Rubin Jenis Buku : Non Fiksi - Humaniora Penerbit...

Read more

Review Buku

Review Buku Satu Pembohong (One of Us is…

10-11-2017 Hits:273 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Satu Pembohong Judul Asli : One of Us is Lying Penulis : Karen McManus Jenis Buku : Novel Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : 2017 Jumlah Halaman : 408 halaman Dimensi Buku : 20 cm Harga :...

Read more

Review Buku Rahasia Sang Suami (The Husb…

13-10-2017 Hits:393 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Rahasia Sang Suami Judul Asli : The Husband's Secret Penulis : Liane Moriarty Jenis Buku : Fiksi - Novel Terjemahan Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : 2016 Jumlah Halaman : 496 halaman Dimensi...

Read more

Review Buku Sihir Perempuan - Intan Para…

05-10-2017 Hits:462 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Sihir Perempuan Penulis : Intan Paramaditha Jenis Buku : Kumpulan Cerpen Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : April 2017 (Pernah diterbitkan oleh Kata Kita pada 2005) Jumlah Halaman : 366 halaman Harga...

Read more

Cerita Dipidiff

J.CO Jatinangor Town Square : Duduk Menu…

11-10-2017 Hits:370 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Book blogger juga manusia, yang terkadang tidak ada ide menulis, hilang fokus, pikiran lelah, serta kurang nafsu makan (padahal tadi sarapan sebakul 😅). Teman-teman pernah merasakan keadaan yang seperti itu...

Read more

Giggle Box Jatinangor - Alternatif Tempa…

11-10-2017 Hits:394 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Dulu sekali, tahun lalu tepatnya, saya pernah menulis tentang J.Co di Jatos. Waktu itu saya sedang hamil moonlight dan saat berkunjung ke sana saya cukup antusias untuk datang kembali mengingat...

Read more

Sudut Buku di Transmart Carrefour Cipadu…

08-10-2017 Hits:448 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Mungkin tidak semua orang seperti saya, yang setiap berkunjung ke mall atau supermarket pasti langsung mencari book corner. Tentu saya paling bahagia kalau di sana ada toko bukunya. Tapi jika...

Read more