Translate - Language

id Indonesian zh-CN Chinese (Simplified) nl Dutch en English tl Filipino fr French de German it Italian ja Japanese ko Korean ms Malay th Thai

Review Buku Quiet Power - Susan Cain

Published: Monday, 24 July 2017 Written by Dipi

Judul : Quiet Power 

Penulis : Susan Cain with Gregory Mone and Erica Moroz

Penerbit : Penguin  Random House

Edisi Pertama Tahun 2017

Bahasa Inggris

Jumlah Halaman 269

Harga Rp. 274.000

 

Sekilas Tentang Isi Buku

Susan Cain bukan hanya penulis biasa, selama bertahun-tahun ia telah bergelut di dunia pengembangan diri, introvert khususnya. Ini karena sifatnya sendiri yang kebetulan introvert juga. Pada masa itu, teori-teori pengembangan diri masih banyak berkutat pada bidang ekstrovert, dimana tiap manusia seolah-olah didorong untuk menjadi lebih terbuka, lebih banyak bicara, yang dengan cara itu maka hidup dan karirnya akan makin cemerlang.

 

Namun Susan membuktikan introvert pun bisa bahagia dan punya karir yang tidak kalah berpengaruh. Keberhasilannya dalam hal tersebut, juga akibat dipublikasikannya buku Quiet Power membuat ia makin sering diminta untuk menjadi pembicara dimana-mana termasuk di acara televisi. Apakah sekarang setelah ia menjadi public speaker lantas karakternya pun sudah berubah menjadi ekstrovert? Silahkan baca sendiri bukunya untuk tau jawaban Susan ya. 😊

 

Yuk kita intip daftar isinya, apa saja sih yang bisa kita peroleh dengan membaca buku ini.

A manifesto for introvert

Introduction

Part one : School

Chapter 1 quiet in the canteen

Quiet in the classroom

Group projects, the introverted way

Quiet leaders

 

Part two : socializing

Chapter 5 quiet friendship 

Quiet parties

#quiet

Opposites attract

 

Part three : hobbies

Chapter 9 quiet creativity

The quiet athlete

Quietly adventurous

Changing the world the quiet way

Quiet in the spotlight

 

Part four: home

Chapter 14 the restorative niche

Quiet with family

 

Conclusion

The quiet revolution in the classroom an afterword for teachers

A guide for parents

 

Fisik Buku

Paling semangat kalau baca buku yang tebalnya ga bikin meringis, untungnya buku Quiet Power ini demikian juga. Tebalnya medium lah untuk katagori buku non fiksi. Ukuran huruf juga ga terlalu kecil, tapi juga ga besar amat. Mata pokoknya ga sakit akibat dipincing-pincingin selama membaca.

 

Cover buku sederhana disainnya, lagi-lagi khas buku luar negeri. Mayoritas warna putih, lalu ada tulisan judul buku dan informasi biasa lainnya. Kalo bukan karena sub judulnya yang bikin menarik itu, pasti buku ini sudah terlewat oleh saya akibat monotonnya disain cover. Subjudul nya itu loh, "Growing Up as An Introvert in a World That Can't Stop Talking", bener-bener bikin yang baca mengangguk-angguk sekaligus penasaran.

 

Opini

Dunia memang seperti yang lagi ga bisa berhenti bicara ya, apalagi teknologi komunikasi makin mendukung ke arah sana. Ga bisa ngomong ya ga akan dikenal orang, sulit diterima oleh lingkungan sosial, kuper, cupu, tapi ... eh... kok buku ini bilang yang pendiam dan introvert bisa growing up, bikin penasaran toh jadinya.

 

Karena sub judulnya yang begitu menarik perhatian, maka harapan saya pun jadi melambung tinggi pada isinya. Benarkah di dalamnya ada penjelasan yang masuk akal, adakah tips dan trik yang cukup detail untuk bisa dijadikan landasan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, buku ini ruwet atau sederhana sih? Kalau ruwet mau saya kuwel kuwel aja deh di pojokan bareng kamus-kamus bahasa asing 😂. 

 

Tapi, setelah baca bab awalnya, hanya bab awalnya padahal loh, kok ekspektasi saya yang cukup tinggi itu sepertinya akan tercapai. Daftar isinya juga sudah cukup menjanjikan kalau buku ini bukan jenis buku yang bikin pembacanya mengawang-awang. Setidaknya opini saya ini muncul karena adanya kuesioner introvert dan extrovert yang dimuat dalam bab permulaan.

 

Kuesioner ini rasanya memang perlu dihadirkan, bersanding dengan pengertian apa itu introvert, agar pembaca dari awal bisa mengukur diri sebenarnya dia termasuk kategori apa, lantas dengan itu bisa menempatkan diri dengan benar selama membaca, apakah ia akan berperan sebagai orang yang akan mengaplikasikan, atau orang yang akan menyimpan dan membagi pengetahuan itu kepada orang lain. 

 

Saya kasih contoh pertanyaan dalam kuesionernya di bawah ini ya.

 

Just Pick "true" or "false" based on which one most often applies to you 

  • I prefer spending time with one of two friends instead of a group
  • I'd rather express my ideas in writing
  • I enjoy being alone
  • I prefer deep conversation to small talk 

....

etc

(halaman 8)

The more often you answered "true", the more introverted you probably are. If you answered "false" more often, it's likely you're more of an extroverted. If you answered true and false equally, you're probably an ambivert. (halaman 9)

 

Seperti umumnya buku-buku non fiksi yang bagus, tiap teorinya selalu diperkuat oleh fakta dan berbagai hasil penelitian. Bahasanya yang lugas dan sederhana membuat saya dapat memahami pesan dalam kalimat dengan mudah. Tidak ada sama sekali kesan menggurui, Susan membawakan topiknya dengan gaya motivasi dan empati.

 

Banyak dari bab-bab dalam buku yang membawa pembaca untuk berpikir ulang tentang mindset seorang introvert. Otak serasa di "brain wash" dilaundry pake deterjen wangi, hingga selesai baca buku kok pikiran rasanya segar dan terbuka. Ternyata ga apa-apa kok jadi introvert, itu bukan suatu kerugian, dan bukan juga suatu yang aneh. Justru ada kekuatan tersembunyi yang besar dalam diri seorang introvert.

 

Nah, melalui buku ini juga lah Susan memberikan trik trik untuk bisa memanfaatkan kekuatan tersebut sehigga yang bersangkutan bisa menjadi sosok yang powerful di kelas, di lingkungan sosial, di tempat kerja, bersama pasangan, dan di tengah keluarga. Bukankah orang yang jarang bicara maka sekalinya ia mengutarakan pendapat maka orang-orang memperhatikan? Itu dia salah satu kekuatan introvert sebenarnya, menurut Susan.

 

Jika kamu adalah seorang introvert yang bingung, buku ini dapat membantumu memahami berbagai perasaan bimbang serta canggung yang kamu alami di kelas, di tengah keluarga, dan di berbagai situasi lainnya. Susan dengan detail menjelaskan situasi tersebut dari sudut pandang introvert, yang mana tak heran juga karena ia pun mengaku sebagai introvert sejak kecil hingga tak sulit baginya untuk mendeskripsikan situasi tersebut.

 

Buku yang bagus ya 😊. Saya sendiri ternyata masuk ke dalam kelompok ambivert, tau nya setelah mencoba mengisi kuesioner di buku Quiet Power ini. Sebagai ambivert (introvert dan ekstrovert), dengan membaca buku ini saya mendapatkan banyak wawasan baru seputar sifat saya serta cara untuk mengoptimalkannya sebagai kekuatan dalam kehidupan pribadi saya. Worth it banget baca buku ini kok 😊👍.

 

Rekomendasi

Buku ini saya rekomendasikan pada teman-teman yang menyukai buku pengembangan diri, juga yang merasa dirinya tertutup dan pendiam serta sering canggung dalam pergaulan namun ingin berhasil dan nyaman dengan dirinya sendiri. Saya rasa semua orang sebaiknya membaca buku Quiet Power bahkan jika itu hanya untuk sebuah wawasan, ga ada yang lebih baik daripada seseorang yang berpandangan terbuka kan ya.

 

Karena buku ini mengulas beberapa situasi di kelas, di keluarga, dan di sekolah, maka saya rekomendasikan juga buku ini untuk teman-teman yang berprofesi sebagai guru, dosen, dan fasilitator lainnya, juga para pemegang jabatan, bos, manajer, dan kepala tim, agar dapat lebih mengerti sifat bawahannya yang mungkin saja ada yang introvert, sehingga bisa mengoptimalkan jalinan kerja tim untuk mencapai kinerja yang terbaik. Tak pelak lagi tentu ini buku yang bagus untuk dibaca para orangtua agar lebih memahami anak-anaknya yang introvert dan membantu mereka mencapai yang terbaik versi diri mereka sendiri. 

 

 

0
0
0
s2sdefault

Comments   

0 #2 Meykke Santoso 2017-07-27 07:44
aduh kakaaak, aku paling suka dengan buku no fiksi motivasi begini..dulu aku juga bacaannya begini saat ada di masa masa jahiliyah...ehehehe..mana pake bahasa Inggris lagi..ini kan serasa sekali mendayung tiga emmpat pulau terlampaui. Hihihi...
cuman aku sendiri adalah orang yang ekstrovert sih kak. malah terlalu terbuka kali ya...hihihi..
Sayangnya udah lama banget nggak baca...ah, kapan ya aku bisa intens baca lagi gitu... :(

REPLY
Baca ayo membacaaa dek. Aplg meyke kah pengajar :). Luangin waktu sedikit aja. Misal... Pas nunggu mobil dtg, menunggu waktu ngantuk, dll. Hehe
Quote
0 #1 Triyan Arif Wibowo 2017-07-26 07:54
ternyata ada ya blog yang review tentang buku di komunitas blogger energy.

ini mungkin jadi referensi ke sy nih buat dibaca, im introvert too..

bw balik ya ke blog saya : http://triyan-arief.blogspot.co.id/2017/07/kingdom-has-fallen.html

REPLY
iya oke. Sy bw ya ke blogmu :)
Quote

Add comment


Security code
Refresh

Sponsored Post, Job Review, Special Request, Postingan Lomba

Review Buku Something in Between - Melis…

15-10-2017 Hits:72 Features Dipi - avatar Dipi

    Judul : Something in Between Penulis : Melissa de la Cruz Jenis Buku : Novel Penerbit : Harlequin Teen Tahun Terbit : 2016 Jumlah Halaman : 432 halaman Dimensi Buku : 20.07 x 13.21 x 3.05 CM Harga...

Read more

Buku To All The Boys I've Loved Before E…

02-10-2017 Hits:167 Features Dipi - avatar Dipi

  Bulan September lalu kebetulan saya mendapatkan kesempatan yang langka untuk bisa membaca buku yang sama namun dengan edisi yang berbeda. Bukunya tidak lain adalah buku To All The Boys I've...

Read more

Review Buku Rich People Problems - Kevin…

29-09-2017 Hits:280 Features Dipi - avatar Dipi

Judul : Rich People Problems Penulis : Kevin Kwan Jenis Buku : Fiksi - Novel Penerbit : Random House USA Inc Tahun Terbit : 2017 Jumlah Halaman :  384 halaman Dimensi Buku : 15.60 x 23.20...

Read more

Review Buku

Review Buku Rahasia Sang Suami (The Husb…

13-10-2017 Hits:101 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Rahasia Sang Suami Judul Asli : The Husband's Secret Penulis : Liane Moriarty Jenis Buku : Fiksi - Novel Terjemahan Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : 2016 Jumlah Halaman : 496 halaman Dimensi...

Read more

Review Buku Sihir Perempuan - Intan Para…

05-10-2017 Hits:164 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Sihir Perempuan Penulis : Intan Paramaditha Jenis Buku : Kumpulan Cerpen Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : April 2017 (Pernah diterbitkan oleh Kata Kita pada 2005) Jumlah Halaman : 366 halaman Harga...

Read more

Review Buku Dusta-Dusta Kecil - Big Litt…

02-10-2017 Hits:169 Review Buku Dipi - avatar Dipi

  Judul : Dusta-Dusta Kecil Judul Asli : Big Little Lies Penulis : Liane Moriarty Jenis Buku : Fiksi - Novel Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : Cetakan Kedua Mei 2017 Jumlah Halaman : 512...

Read more

Cerita Dipidiff

J.CO Jatinangor Town Square : Duduk Menu…

11-10-2017 Hits:103 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Book blogger juga manusia, yang terkadang tidak ada ide menulis, hilang fokus, pikiran lelah, serta kurang nafsu makan (padahal tadi sarapan sebakul 😅). Teman-teman pernah merasakan keadaan yang seperti itu...

Read more

Giggle Box Jatinangor - Alternatif Tempa…

11-10-2017 Hits:97 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Dulu sekali, tahun lalu tepatnya, saya pernah menulis tentang J.Co di Jatos. Waktu itu saya sedang hamil moonlight dan saat berkunjung ke sana saya cukup antusias untuk datang kembali mengingat...

Read more

Sudut Buku di Transmart Carrefour Cipadu…

08-10-2017 Hits:119 Cerita Dipi - avatar Dipi

  Mungkin tidak semua orang seperti saya, yang setiap berkunjung ke mall atau supermarket pasti langsung mencari book corner. Tentu saya paling bahagia kalau di sana ada toko bukunya. Tapi jika...

Read more